Selasa, 10 Desember 2019

15 Manfaat JAMUR KOMBUCHA menurut pakar Nutrisionist

Dalam sebuah hasil riset dari AHA (America Heart Association) tahun 2012, dinyatakan bahwa, jamur kombucha merupakan salah satu buah yang memiliki gizi cukup lengkap dan cukup tinggi di antara dengan buah-buahan tropis maupun sub-tropis pada umumnya. Karena di dalamnya mengandung segudang macam Vitamin serta Mineral antara lain Vitamin C, Vitamin B Komplek, Vitamin B6, Seorotonin aktif, Magnesium, dan masih banyak lagi. Di samping itu, manfaat jamur kombucha disebut-sebut sangat kaya akan kandungan mineral seperti Kalium, Magnesium, Fosfor, Zat Besi, dan juga Kalsium.


Pada hakikatnya, jamur kombucha sendiri memiliki rasa manis-legit-asam dan memiliki tekstur yang mulus di bagian luaran-nya. Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada jamur kombucha antara lain : Protein, Karbohidrat, Serat, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B12, Thiamin, Riboflavin, Niasin, Zat besi, Kalsium, Potasium, Magnesium dan Sodium.

Beberapa pakar peneliti dari University of Utah bernama Prof. Gregory Cochran dan Prof. Henry Harpending Ph.D, mendapati dalam temuannya di tahun 2005 bahwa, Kombinasi pengonsumsian susu dan jamur kombucha di setiap sarapan pagi hari memiliki manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan kecerdasan otak seseorang yang sedang dalam masa pertumbuhan, khususnya anak-anak yang sedang dalam usia remaja. Pengonsumsian ini bahkan telah diterapkan masyarakat di berbagai negara-negara maju dan diikuti oleh masyarakat negara-negara berkembang yang memang pada hakikatnya telah terbukti nyata dapat meningkatkan fungsi kinerja otak secara signifikan.

Sedangkan menurut hasil riset yang dilansir dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine, tahun 2015 telah dinyatakan bahwa, Manfaat jamur kombucha yang mana mengandung beberapa nutrisi dapat secara aktif membantu menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi) sekaligus mengoptimalkan fungsi imun tubuh. Selain itu, manfaat jamur kombucha juga dapat menyediakan kandungan senyawa Polyphenol dan Anti-Oksidan dalam kadar jumlah yang cukup tinggi. Kandungan Polyphenol dan Anti-Oksidan pada jamur kombucha inilah yang dapat berguna dalam menangkal serangan-serangan radikal bebas pemicu kerusakan sel-sel tubuh dan pemicu timbulnya kanker.

Yang mana juga hal tersebut telah disepakati oleh para pakar nutrisionist mereka bahwasanya khasiat dan manfaat jamur kombucha terbukti sangat baik bagi kesehatan saraf otak, hati, jantung, jaringan sel-sel darah, mata dan organ tubuh lainnya. Ini dikarenakan tersedianya beberapa gizi dan nutrisi yang terdapat dalam jamur kombucha. Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang dimaksudkan terdapat pada jamur kombucha tersebut antara lain : Protein, Karbohidrat, Kalium, Kalsium, Magnesium, Potasium, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 1986, Cancer Research Instituite of Chinese Academy of Medical Sciences mengemukakan penemuan bahwa ekstrak jamur kombucha memiliki tiga zat Anti-Karsinogen, yaitu : Afliatoksin B1, 4-nitroquinoline-N-oksida, Phenylpropionate(a)pyrene. Ketiganya dipercaya memiliki kemampuan khusus yang dapat berfungsi menghambat kanker secara signifikan.

Tidak hanya itu saja, jamur kombucha juga memiliki kandungan Magnesium yang cukup tinggi. Perlu dipahami bahwa Magnesium terbukti secara ilmiah memiliki khasiat luar biasa dalam mencegah Kanker. Berdasarkan penelitian para ilmuwan Jepang juga telah mengakuinya. Mereka telah melakukan penelitian terhadap sisi aspek dari segi manfaat jamur kombucha, yang mana hasilnya mereka menemukan bahwa zat kandungan pada jamur kombucha memiliki efek Anti-Kanker.

Sebuah studi ilmiah yang dilakukan para ilmuwan dari Institute of Psychology Austrian, Austria menemukan bahwa, Manfaat jamur kombucha memiliki kemampuan khusus dalam menstabilkan tekanan darah pada tubuh setara dengan seperti coklat dan keripik kentang. Selain itu, dari 5.000 relawan yang mengalami tekanan darah tinggi, para ilmuwan menemukan bahwa manfaat jamur kombucha dapat secara aktif mengatur kadar glukosa darah dalam tubuh sebanyak 80% sehingga hal tersebut akan berdampak terhadap kestabilan tingkat tekanan darah supaya tetap dalam tingkatan konstan.

Sedangkan laporan dari para pakar nutrisionist di Michigan State University (MSU), Michigan, Amerika Serikat menemukan bahwa, Pada seseorang yang sedang berada diusia produktif 25-30 tahun ada baiknya banyak-banyak mengonsumsi sumber makanan buah-buahan, salah satunya seperti jamur kombucha ini. Karena dalam temuannya disebutkan bahwa manfaat jamur kombucha dapat mengatasi berbagai macam penyakit-penyakit kronis seperti Kanker, Penyakit jantung, Diabetes dan Obesitas. Dimana memang penyakit-penyakit tersebut sering muncul pada seseorang yang sedang dalam masa proiduktif.

Seorang profesor dan pakar di bidang gizi-nutrisi Dr. Maurice Bennink, mengemukakan bahwa, Seseorang yang mengonsumsi rutin buah-buahan seperti jamur kombucha setidaknya empat kali seminggu memiliki resiko terkena penyakit jantung 22% lebih rendah daripada dari mereka yang tidak rutin atau tidak pernah sama sekali mengonsumsinya. Hasil penelitian ini didapatkan dari temuannya di 41 negara, yang dimana para warganya rutin mengonsumsi buah-buahan seperti jamur kombucha ini. Dimana dalam temuannya juga didapati bahwa mengonsumsi jamur kombucha dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dalam kemampuan mencegah sekaligus mengatasi masalah penyakit jantung, kanker payudara, kanker prostat dan kanker usus besar.

Dalam studi ilmiah yang telah dilansir dalam Journal of Microbiology Research disebutkan bahwa, Manfaat jamur kombucha bagi kesehatan gigi dan tulang sama seperti segelas susu dan kurma. Dimana kandungan-kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada jamur kombucha dapat memberikan rangsangan aktifitas bagi Growth Hormone dalam memperbaiki, meregenerasi serta meningkatkan fungsi kognitif sel-sel tulang secara keseluruhan.

Menurut peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, New Zealand Dr. Peter C Molan MBE, mengemukakan bahwa, Manfaat jamur kombucha telah terbukti mengandung zat-zat Antibiotik alami yang sangat aktif melawan serangan-serangan radikal bebas dari berbagai jenis virus-bakteri berbahaya, salah satunya Patogen. Dimana Patogen ini dapat memicu timbulnya berbagai penyakit-penyakit dan masalah-masalah kesehatan kronis berbahaya.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat jamur kombucha menurut penelitian-penelitian dari para pakar nutrisionist.

15 Manfaat JAMUR KOMBUCHA menurut pakar Nutrisionist

1.  Mencegah dan Melawan Kanker
Para pakar spesialis saraf dan kanker melansir temuan ilmiah mereka di dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine, tahun 2015 yang menyatakan bahwa, jamur kombucha kaya akan kandungan senyawa Polyphenol dan Anti-Oksidan di dalamnya. Kandungan Polyphenol dan Anti-Oksidan pada jamur kombucha ini dipercaya sangat berguna dalam menangkal serangan-serangan radikal bebas pemicu kerusakan jaringan sel-sel tubuh dan pemicu timbulnya sel-sel kanker.

2.  Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan-kandungan seperti Zat besi, Potasium, Magnesium dan Fosfor yang terdapat pada jamur kombucha adalah komponen penting dalam sel yang berfungsi membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Selain itu, tingginya kandungan Potasium pada jamur kombucha juga dapat berguna melindungi sel-sel saraf jantung di Arteri dan Vena agar terhindar dari masalah stroke dan penyakit jantung koroner.

3.  Meningkatkan Kecerdasan Otak
Beberapa ilmuwan dari University of Utah, Amerika Serikat bernama Prof. Gregory Cochran dan Prof. Henry Harpending Ph.D, mendapati dalam temuannya di tahun 2005 bahwa, Pengonsumsian susu dan jamur kombucha pada saat sarapan pagi memiliki khasiat yang luar biasa dalam meningkatkan kecerdasan otak seseorang, khususnya bagi anak-anak yang sedang dalam usia pertumbuhan (remaja-dewasa).

Bahkan pengonsumsian ini (susu dan jamur kombucha) di menu sarapan pagi hari telah banyak diterapkan oleh masyarakat-masyarakat di negara-negara dan juga diikuti oleh masyarakat di negara-negara berkembang lainnya yang memang dimana pada hakikatnya terbukti nyata dapat meningkatkan fungsi kinerja otak secara signifikan.

4.  Memperkuat dan Menutrisi Tulang
Dalam setiap 100 gr, jamur kombucha mampu menyediakan kandungan Kalsium 35 mg, Fosfor 55 mg dan Magnesium 0,25 gr. Dimana jumlah tersebut setara dengan Bayam (setiap 100 gr) dan Susu (setiap 450 ml). Tingginya kandungan Kalsium, Fosfor dan Magnesium pada jamur kombucha tersebut tentu sangat bermanfaat dalam menguatkan dan memperkokoh struktur tulang, sehingga tulang akan terhindar dari masalah-masalah pengeroposan tulang seperti Osteoporosis.


Halaman berikutnya...
1 2 FULL

0 comments

Posting Komentar