Senin, 26 Agustus 2019

15 Manfaat Susu EDAMAME menurut pakar Nutrisionist

Seorang pakar Health Fitness & Nutrition Coach dari New Delhi, India Dr. Sonia Bajaj M.D, berpendapat bahwa, Khasiat serta manfaat susu edamame sebagai pemenuh nutrisi struktur jaringan tulang dan gigi memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun nyatanya tidak hanya itu saja, manfaat susu edamame juga dipercaya dapat membantu proses regenerasi jaringan sel-sel dalam tubuh karena di dalamnya mengandung senyawa Anti-Oksidan dan Anti-Inflamasi yang kadar jumlahnya sangat tinggi.


Adapun menurutnya, waktu terbaik minum susu edamame adalah setelah selsai makan dan juga di malam hari setidaknya 20-30 menit sebelum tidur, karena pada waktu-waktu tersebutlah tubuh dapat menyerap kandungan gizi dari susu edamame secara sempurna.

"Konsumsilah susu edamame ini pada 2 waktu penting yaitu 20 menit setelah makan dan 20 menit sebelum tidur. Hal ini diupayakan supaya khasiat dan manfaat susu edamame ini dapat diraih sepenuhnya," ujarnya.

BACA JUGA :
11 Cara Mengatasi Kebiasaan "TIDUR MENGILER"

Perlu dipahami juga bahwa susu edamame pada dasarnya merupakan salah satu opsi konsumsi yang bisa menyempurnakan asupan makanan berat seperti nasi, roti, gandum, dan lain-lain seiring dengan kadar jumlah yang tepat. Karena memang di dalam susu edamame terkandung banyak  sekali gizi dan nutrisi yang sangat baik dalam melengkapi kebutuhan keseharian seseorang, tidak hanya untuk segemen tertentu saja.

Seorang pakar kelenjar Endokrin dari St. Luke’s-Rosevelt Hospital Center, Amerika Serikat Dr. Susan Thys-Jacobs M.Sc menyatakan bahwa, Pemberian Kalsium dalam jumlah 1000-1200 mg kepada 500 wanita secara acak, dapat mengurangi efek PMS hingga 48%. Maka dari itu, hal ini menunjukan bahwa pengonsumsian susu setiap hari adalah langkah paling tepat dalam memenuhi kebutuhan Kalsium dan Magnesium bagi tubuh, yang mana tentu akan sangat berguna untuk meringankan gejala PMS tersebut. Pilihlah jenis susu yang mengandung banyak mengandung Magnesium di dalamnya, salah satunya seperti susu edamame ini. Ia berujar :

"PMS atau Sindrom prahaid sendiri adalah kumpulan gejala fisik, psikologis, dan emosi yang terkait dengan siklus menstruasi wanita. Sekitar 80 hingga 95 persen perempuan pada usia melahirkan mengalami gejala-gejala pra-menstruasi yang dapat mengganggu beberapa aktivitas kesehariannya. Pilihlah jenis susu yang mengandung banyak mengandung Magnesium di dalamnya, salah satunya seperti susu edamame ini yang bisa sangat mudah didaptkan di pasaran," ujarnya

Salah seorang pakar nutrisionist (nutrisi dan gizi) Dr. Leona Victoria Djajadi, MND berdasarkan penelitiannya menyebutkan bahwa, Dengan rutin mengonsumsi susu edamame setiap hari dipercaya dapat membantu dalam menjaga kesehatan tulang, terutama dari bahaya penyakit Osteoporosis (tulang keropos). Dapat dipastikan bahwa setidaknya susu edamame dapat memenuhi kebutuhan asupan Kalsium yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tulang dan gigi. Ia berujar :

"Ini karena susu edamame memiliki kandungan Kalsium seperti juga jenis susu-susu lain pada umumnya, meskipun terbilang lebih segmentit jenisnya. Maka dari itu pemilihan susu edamame ini bisa dijadikan sebagai salah satu opsi untuk pemenuhan asupan keseharian," ujarnya.

Belakangan ini, anomali masyarakat terhadap susu edamame ini begitu ramai diperbincangkan di berbagi pelosok daerah, hal ini dikarenakan manfaat susu edamame memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, bahkan bagi organ-rogan vital tertentu (seperti tulang, lambung, ginjal hati, usus, otak, dan sel-sel saraf otot).

Yang menjadikan manfaat edamame ini begitu menakjubkan adalah karena komplitnya komposisi kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya. Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada susu edamame antara lain adalah : Protein, Karbohidrat, Zat besi, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin B12, Vitamin B6, Magnesium, Kalsium, Fosfor, Thiamin, Riboflavin, dan Niasin.

Kalsium yang terkandung dalam susu edamame sendiri memang terbukti secara klinis sangat ampuh dalam menghambat perkembangan Adenoma (sejenis tumor ganas) yang biasa menimpa usus besar. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi 16 Ons susu sehari dapat mengurangi resiko terkena Kanker usus sebanyak 12 %.

Menurut salah seorang pakar nutrisionist dari Western Human Nutrition Research Center (WHNRC) Prof. Dr. Lindsay H. Allen Ph.d, M.sc, mengemukakan menurut penelitiannya bahwa, Susu edamame adalah jenis susu yang tergolong sebagai “Reduction of drink kind” (selain susu kuda liar). Dimana memang hal ini dikarenakan susu edamame memiliki kandungan Zat besi dalam jumlah sangat besar, bahkan melebihi batas normal jika dihitung per gelas/330 ml. Oleh karenya banyak dari pakar nutrisi yang menyebutkan bahwa, manfaat susu edamame memiliki manfaat yang luar biasa bagi sistem produksi dan produktifitas sel-sel darah merah. Ia berujar :

“Selain sangat bagus bagi kesehatan tulang tentunya, manfaat susu edamame ini juga sangat bagus bagi sistem produksi dan produktifitas sel-sel darah merah. Sehingga dengan demikian maka timbulnya gejala anemia (kurang darah) akan beresiko lebih rendah,” ujarnya.

"Bahkan susu edamame merupakan salah satu minuman susu yang terbilang memiliki kemampuan sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan karena mengandung zat-zat aktif bermanfaat, sebut saja seperti Kalsium, Magnesium, Zink, Fosfor, Lemak, dll." pungkasnya.

Pada hasil riset yang telah dipublish oleh Journal of Daily Sciences tahun 2012, mengemukakan berdasarkan penelitian ilmiahnya bahwa, Manfaat susu edamame terbukti sangat bagus bagi kesterilan dan kesehatan organ-organ sistem pencernaan mulai dari usus kecil, usus besar, lambung, bahkan hingga saluran uretra dan feses. Kombinasi dari Zat besi, Protein, Vitamin C, dan Riboflavin-lah yang berperan paling aktif dalam meningkatkan fungsi dan kesehatan organ-organ sistem pencernaan tersebut.

Tidak hanya itu, The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa mengonsumsi susu edamame yang mengandung lactobacillus baik ini menguntungkan (Lactobacillus dan Bifidobacterium) secara signifikan dapat menurunkan jumlah Helicobacter Pylori dalam tubuh. Helicobacter Pylori adalah salah satu senyawa penyebab kerusakan mukosa lambung sehingga timbul borok (Ulcer).

Sedangkan seorang peneliti dari General Mills Endowed Professor in Cereal Chemistry and Technology Prof. Dr. George Annor Ph.d, menyebutkan dalam penelitiannya bahwa, Kandungan Kalsium, Zat besi, Fosfor, dan Magnesium pada susu edamame ternyata dapat memberikan efek anti-radang di bagian persendian-persendian tulang. Butkinya, tidak sedikit dari para pakar fisioterapist yang menyarankan untuk sering-sering mengonsumsi susu edamame ini terkhusus bagi para penderita Arthritis kronis. Ia berujar :

“Khusus bagi para penderita Arthritis (nyeri sendi), pengonsumsian susu edamame ini bisa dijadikan salah satu solusi penyembuhannya. Hal ini dikarenakan susu edamame memiliki kandungan Zat besi, Kaslium, Magnesium, dan Fosfor yang sangat tinggi. Dimana kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat sebagai pemicu rangsangan hormon endrogen yang kemudian memproduktifitasi sel-sel jaringan persendioan tulang, sehingga penyakit-penyakit semacam Arthritis (nyeri sendi) ini bisa teratasi secara efektif,” ujarnya

Menurut penelitiannya, Kelengkapan gizi dan nutrisi dari susu edamame ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Dalam beberapa hasil riset ilmiah disebutkan bahwa, susu edamame adalah salah satu jenis susu yang memiliki kelengkapan gizi dan nutrisi terbaik. Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada susu edamame antara lain : Protein, Karbohidrat, Omega-3, Omega-6, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin D, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Magnesium, Riboflavin, Niasin, Thiamin, dan masih banyak lagi.

Berikut beberapa khasiat dan manfaat susu edamame menurut penelitian-penelitian dan hasil riset dari pakar nutrisionist.

15 Manfaat Susu EDAMAME menurut pakar Nutrisionist

1.  Memperkokoh Tulang
Sama halnya seperti jenis susu-susu pada umumnya, susu edamame juga memiliki komposisi kandungan Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan Protein yang kadar jumlahnya cukup tinggi. Dimana dengan tersedianya kandungan-kandungan maka struktur jaringan tulang akan terasupi nutrisi secara sempurna, sehingga masalah-masalah kesehatan atau penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kekuatan-kesehatan tulang akan dapat tercegah, salah satunya Osteoporosis (masalah pengeroposan tulang).

2.  Menyehatkan dan Mensterilkan Lambung
Pada hasil riset yang telah dipublish oleh Journal of Daily Sciences tahun 2012, mengemukakan berdasarkan penelitian ilmiahnya bahwa, Manfaat susu edamame terbukti sangat bagus bagi kesterilan dan kesehatan organ-organ sistem pencernaan mulai dari usus kecil, usus besar, lambung, bahkan hingga saluran uretra dan feses. Kombinasi dari Zat besi, Protein, Vitamin C, dan Riboflavin lah yang berperan paling aktif dalam meningkatkan fungsi dan kesehatan organ-organ sistem pencernaan tersebut.

3.  Memperkuat Sitem Imunitas Tubuh
Dalam beberapa hasil uji laboratorium disebutkan bahwa, Kandungan senyawa Ant-Oksidan dan Anti-Inflamasi yang terdapat pada susu edamame memiliki manfaat sangat baik dalam meningkatkan dan menjaga sistem imun tubuh. Di samping itu,kandungan Vitamin C dan Vitamin E pada susu edamame memiliki khasiat unik sebagai pengembang-pembangkit hormon androgen, sehingga kekuatan daya tahan tubuh terhadap penyakit menjadi lebih meningkat.

4.  Sangat Mengeyangkan
Tersedianya kandungan Karbohidrat, Zat besi dan Protein pada susu edamame dipercaya dapat memberikan efek kenyang dan menghambat rasa lapar terutama saat sebelum tidur, sehingga seseorang akan terhindar dari kebiasaan ngemil atau makan terlalu malam yang merupakan salah satu kebiasaan penyebab Obesitas (kegemukan). Dimana hal ini tentu akan sangat membantu bagi seseorang yang sedang dalam pembentukan berat badan proporsional supaya menjadi lebih ideal.

5.  Mengatasi Arthritis (Nyeri sendi)
Seorang pakar peneliti dari General Mills Endowed Professor in Cereal Chemistry and Technology Prof. Dr. George Annor Ph.d, menyebutkan dalam penelitiannya bahwa, Kandungan Kalsium, Zat besi, Fosfor, dan Magnesium pada susu edamame ternyata dapat memberikan efek anti-radang dibagian persendian-persendian tulang. Butkinya, tidak sedikit dari para pakar fisioterapist yang menyarankan untuk sering-sering mengonsumsi susu edamame ini terkhusus bagi para penderita Arthritis kronis. Ia berujar :

“Khusus bagi para penderita Arthritis (nyeri sendi), pengonsumsian susu anelene ini bhisa dijadikan salah satu solusi penyembuhannya. Hal ini dikarenakan susu edamame memiliki kandungan Zat besi, Kaslium, Magnesium, dan Fosfor yang sangat tinggi. Dimana kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat sebagai pemicu rangsangan hormon endrogen yang kemudian memproduktifitasi sel-sel jaringan persendian tulang, sehingga penyakit-penyakit semacam Arthritis (nyeri sendi) ini bisa teratasi secara efektif,” ujarnya.

6.  Melancarkan Sistem Metabolisme Tubuh
Kombinasi kandungan antara kandungan Zat besi, Magnesium, dan Fosfor pada susu edamame adalah kombinasi paling bagus dalam memperlancar proses metabolisme tubuh, terkhusus dalam menyerap asupan nutrisi-nutrisi yang terdapat pada susu edamame tersebut.

7.  Menambah Tinggi Badan
Bagi seseorang yang sedang dalam masa pertumbuhan, sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi susu edamame ini sesaat sebelum tidur, hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang tulang dan tubuh. Kandungan Kalsium, Fosfor dan Magnesium yang sangat tinggi pada susu edamame dapat secara nyata memberi rangsangan kepada hormon pertumbuhan (Growth Hormone) di setiap tulang-tulang dan sendi-sendi yang ada di seluruh tubuh kamu.

8.  Mengatasi Anemia (Kurang darah)
Menurut salah seorang pakar nutrisionist dari Western Human Nutrition Research Center (WHNRC) Prof. Dr. Lindsay H. Allen Ph.d, M.sc, mengemukakan menurut penelitiannya bahwa, Susu edamame adalah jenis susu yang tergolong sebagai “Reduction of drink kind” (selain susu kuda liar). Dimana memang hal ini dikarenakan susu edamame memiliki kandungan Zat besi dalam jumlah sangat besar, bahkan melebihi batas normal jika dihitung per gelas/330 ml. Oleh karenya banyak dari pakar nutrisi yang menyebutkan bahwa, manfaat susu edamame memiliki manfaat yang luar biasa bagi sistem produksi dan produktifitas sel-sel darah merah. Ia berujar :

“Selain sangat bagus bagi kesehatan tulang tentunya, manfaat susu edamame ini juga sangat bagus bagi sistem produksi dan produktifitas sel-sel darah merah. Sehingga dengan demikian maka timbulnya gejala anemia (kurang darah) akan beresiko lebih rendah,” ujarnya.

9.  Menutrisi Gigi
Menurut data dari USDA (United State of Department Agriculture) tahun 2001 disebutkan bahwa, Susu edamame dalam setiap gelas/330 ml mengandung sekurang-kurangnya Kalsium dan Magnesium 220 mg. Dimana dengan jumlah tersebut maka kebutuhan asupan tubuh akan Kalsium dan Magnesium terpenuhi 150%, atau dengan kata lain melebihi kebutuhan asupan tubuh akan Kalsium dan Magnesium. Oleh karena itu, dengan melimpahnya kandungan Kalsium dan Magnesium pada susu edamame tersebut maka struktur jaringan gigi-gusi akan ternutrisi dengan sempurna.

10.  Mengoptimalkan Kinerja-Fungsi Mata
Kandungan Vitamin A yang terdapat pada susu edamame disebut-sebut sebagai salah satu yang tertinggi, bahkan hampir setara dengan Apel dan Wortel (dalam tiap 250 ml/jus-gelas). Dengan tersedianya kandungan Vitamin A pada susu edamame tersebut maka dapat dipastikan organ mata dan saraf-saraf yang ada disekitarnya akan terasupi dengan sangat baik, sehingga hal tersebut akan meningkatkan kinerja-fungsi mata secara menyeluruh.

11.  Meningkatkan Stamina Fisik
Stamina fisik yang kuat dan kokoh memerlukan asupan Protein yang tinggi pula, dimana hal tersebut bisa didaptkan dengan mengonsumsi susu edamame ini. Bahkan dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa, Susu edamame adalah salah satu sumber protein terbaik dibandingkan jenis susu-susu lainnya.

12.  Meredakan Stress dan Depresi
Zat Sekeresi Prolaktin pada susu edamame terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan relaksasi pada otot-otot dan saraf yang tegang. Belum lagi kandungan Kalsium pada susu yang dapat bekerja dalam menurunkan Viskositas darah pada penderita darah tinggi (hipertensi) yang memang mudah emosi dan marah.

13.  Mengurangi Rasa Nyeri Haid (pada wanita)
Bagi para wanita pasti belum banyak yang tahu mengenai manfaat susu edamame ini sebagai pereda rasa nyeri saat Haid. Sebuah penemuan dari Journal of Obstetics and Gynaecology Research telah melaporkan bahwa wanita yang mengonsumsi (minum) susu secara rutin akan lebih sedikit mengalami nyeri di perut selama masa menstruasi dibandingkan mereka yang jarang minum susu. Ini dikarenakan kandungan yang kaya akan Kalsium dan Magnesium pada susu, terkhusus pada susu edamame.

14.  Stimulasi Otak di Saat Bangun (pagi harinya)
Neurotransmitter dan juga enzim merupakan dua zat yang berperan aktif menjaga kesehatan dan kecerdasan otak. Dimana kandungan senyawa tersebut bisa dipcu dengan seseorang mengonsumsi susu edamame ini. Khususnya bagi para remaja usia berkembang, hal ini tentu sangat menentukan tumbuh kembang kecerdasannya dan juga tentu sangat diperlukan dalam menjaga fungsi kinerja otak seupaya tetap bekerja secara maksimal.

15.  Menyimpan Pasokan Energi
Tak perlu diperdebatkan lagi bahwa susu edamame memiliki kandungan Protein dan Karbohidrat yang sangat tinggi antara 20-30% kebutuhan KKal. Namun hebatnya, keduanya bisa kita dapatkan hanya dalam satu gelas saja (200ml). Jadi tidak perlu risau dan khawatir jika keesokan harinya tubuh merasa lemas, lesu atau kelaparan.


ARTIKEL TERKAIT :
-> 14 Manfaat BIJI SELASIH menurut pakar Nutrisionist
-> 14 Manfaat BIJI MAHONI menurut pakar Nutrisionist
-> 11 Manfaat CHIA SEED menurut pakar Nutrisionist
-> 11 Manfaat BUAH SALAK Bagi Kesehatan Tubuh



Demikian Info lengkap mengenai 15 Manfaat Susu EDAMAME menurut pakar Nutrisionist dari Bang-Isman. Silahkan SHARE (Bagikan) artikel ini supaya lebih bermanfaat, Terima kasih.

0 comments

Posting Komentar