Jumat, 23 Juni 2017

14 Manfaat DAUN RANDU menurut pakar Nutrisionist

Daun randu (bahasa latin : Ceiba pentandra) adalah jenis daun-daunan tropis yang biasa tumbuh liar di pagar pekarangan. Hebatnya, budi daya daun randu ini bisa ditumbuh kembangkan di kawasan-kawasan kering atau berbatu, sekurang-kurangnya sekitar 1000 m dari permukaan laut. Untuk beberapa gejala masalah kesehatan atau penyakit tertentu, manfaat daun randu bisa digunakan sebagai bahan alami dalam treatment-pengobatan tradisional.


Hal ini dikarenakan daun randu memiliki segudang kandungan gizi dan nutrisi yang bisa sangat bermanfaat bagi pengobatan tradisional. Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada daun randu yaitu : Protein, Karbohidrat, Kalsium, Vitamin B1, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, dan Asam askorbat. Dengan bermacam-macamnya kandungan dari daun randu inilah yang menjadikannya sangat bermanfaat bagi kesehatan organ-organ seluruh tubuh, terkhusus bagi kesehatan kulit dan juga.

Dalam sebuah hasil riset yang telah dilansir dalam Journal of Bone & Mineral Research (JBMR) tahun 2009 telah dinyatakan bahwa, Manfaat daun randu dari kandungan senyawa Anti-Inflamasi dan Anti-Oksidan di dalamnya memiliki kemampuan yang setara dengan ekstrak kulit manggis dalam hal menangkal radikal bebas pemicu pertumbuhan sel-sel kanker. Bahkan dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa, Manfaat daun randu sebagai obat herbal-tradisional bisa secara khusus menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, hal ini terkhusus bagi para penderita kadar kolesterol jahat (HDL).

Salah seorang pakar kesehatan dari Beverly Hills, CA, Amerika Serikat Dr. Jennifer Hermann MD FAAD menyatakan menurut penelitiannya bahwa, Daun randu adalah salah satu jenis dedaunan yang bisa dikonsumsi sebagai asupan makanan bergizi. Hal ini dikarenakan daun randu memiliki kandungan-kandungan yang sangat beragam, mulai dari Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin B12, Kalsium, Magnesium, dan Zat besi.

Sedangkan seorang pakar kesehatan Dietetics & Clinical Nutrition Dr. Shandya Pandev M.Sc mengemukakan bahwa, Manfaat daun randu dipercaya sangat bagus bagi para penderita penyakit pencernaan, khususnya penyakit-penyakit seperti maag, diare, sembelit, dan lain sejenisnya. Karena memang pada hakikatnya daun randu mampu menyediakan asupan gizi Vitamin dan Mineral yang sangat dibutuhkan dalam penanganan masalah-masalah kesehatan pencernaan, sebut saja seperti Zat besi, Thiamin, Riboflavn, Vitamin C, dan Fosfor.

Adapun berikut beberapa khasiat dan manfaat daun randu menurut penelitian-penelitian dari para pakar nutrisionist.

14 Manfaat DAUN RANDU menurut pakar Nutrisionist

1.  Menetralisir Racun Dalam Tubuh
Salah seorang pakar kesehatan tubuh spesialis toxinicity (spesilais racun tubuh) yang sangat terkenal dari Bastyr University Dr. Joseph E. Pizzorno ND, mendapati dalam penelitiannya bahwa, Manfaat daun randu sebagai bahan alami herbal bisa sangat ampuh dalam menetralisir racun dalam tubuh dengan cara membuangnya dari proses metabolisme yang tercampur dengan buangan feses dan urine.

2.  Menambah Nafsu Makan
Hasil riset ilmiah yang dilansir di dalam Journal Clinical of Food & Nutrition tahun 2001 menyebutkan bahwa, Kandungan Asam Trichosanat dan juga Asam Momordicine yang terdapat pada daun randu merupakan 2 zat yang terbilang sangat handal dalam mengatasi permasalahan penurunan tingkat nafsu makan seseorang. Tidak hanya itu, dengan terkandungnya Asam askorbat, Magnesium, Kalium, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, dan Vitamin B3 pada daun juga dipercaya sangat membantu dalam upaya meningkatkan fungsi kinerja sistem pencernaan serta menjaga kesterilan organ lambung, usus kecil, usus besar, bahkan juga ginjal.

3.  Mengatasi Maag
Dalam temuan yang dilansir para pakar dari National Institute of Health (NIH) telah disepakati bahwa, Daun randu memiliki senyawa Sulfornylurea dan Suodium sulfure yang biasanya ditemukan di dalam obat-obatan pereda maag atau juga diabetes. Bahkan daun randu memiliki kandungan senyawa unik bernama Sterolglikosida, dimana senyawa Sterolglokosida ini sering sekali dijadikan sebagai bahan-bahan pengobatan penyakit Diare, Maag, Diabetes, dan Sembelit.

4.  Mengatasi Sembelit
Journal of Agri. & Food Chem. pada tahun 2000-2001 melansir temuan yang menyebutkan bahwa, Daun randu merupakan salah satu dari sekian banyak sumber makanan herbal-nabati yang dipercaya mengandung Serat, Zat besi, Karbohidrat, dan Protein terbaik jika dibandingkan dengan daun-dedaunan sub tropis. Dengan demikian maka daun randu sangat bisa diaplikasikan sebagai obat herbal yang berguna dalam upaya mengatasi berbagai permasalahan sistem pencernaan, terutama masalah Sembelit atau susah buang air besar.

5.  Memenuhi Kebutuhan Asupan Gizi
Salah seorang pakar kesehatan dari Beverly Hills, CA, Amerika Serikat Dr. Jennifer Hermann MD FAAD menyatakan dalam penelitiannya bahwa, Daun randu merupakan salah satu jenis daun-dedaunan yang bisa dikonsumsi sebagai asupan makanan bernutrisi. Hal ini dikarenakan daun randu memiliki beberapa kandungan yang cukup beragam, mulai dari Vitamin E, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B12, Kalium, Kalsium, Magnesium, hingga Zat besi.

6.  Mengatasi Nyeri Sendi
Kandungan Zat besi, Fosfor, Magnesium, Kalium, Kalsium, dan Riboflavin pada daun randu dipercaya memiliki kemampuan alami dalam mengatasi permasalahan Arthritis (nyeri sendi). Bahkan dalam beberapa temuan disebutkan bahwa, Daun randu merupakan satu-satunya daun-dedaunan yang sangat tinggi akan kandungan Zat besinya, sehingga dengan demikian maka sel-sel serat ikat persendian akan menjadi lebih kuat namun lebih fleksibel stretch-upnya

7.  Memperlancar Proses Metabolisme Tubuh
Manfaat daun randu dalam upaya memperlancar metabolisme tubuh disebut-sebut sebagai yang terbaik diantara opsi sayur-mayur atau buah-buahan lainnya. Tidak hanya itu, Daun randu sebagai asupan makanan juga dapat mensterilkan organ-organ sistem pencernaan karena tingginya kandungan Vitamin C dan Vitamin B12 di dalamnya.

8.  Menutrisi Gigi 
Menurut hasil perhitungan dari USDA (United State Department of Agriculture), dalam setiap 77gr daun randu tersedia kandungan Kalsium 29 mg, Magnesium 34 mg, dan Fosfor 110 mg. Dimana dengan jumlah-jumlah sebanyak itu maka bisa dipastikan bahwa manfaat daun randu dalam menutrisi dan memperbaiki struktur jaringan gigi-gusi tidak perlu diragukan lagi.

9.  Meningkatkan Imunitas Tubuh
Kombinasi antara kandungan Vitamin C, Thiamin, Niasin, dan juga Riboflavin pada daun randu adalah kombinasi kandungan paling komplit dalam kegunaan meningkatkan sistem immunity body (sistem imunitas tubuh). Dengan meningkatnya sistem imunitas tubuh maka serangan-serangan radikal bebas pemicu segala penyakit bisa tercegah dengan baik.

10.  Menyehatkan Mata
Tingginya kandungan Vitamin A pada daun deluntas dipercaya sangat bagus dalam menyehatkan mata dan mengoptimalkan kinerja penglihatan mata. Bahkan dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa manfaat daun randu bagi kesehatan mata hampir setara dengan 1 buah wortel /per 1,5 gr.

11.  Meningkatkan Stamina Fisik
Kondisi stamina fisik prima membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap, dan daun randu bisa memberikan solusinya. Daun randu bahkan memiliki macam kandungan nutrisi terlengkap diantara daun-dedaunan sub tropis lainnya, sebut saja seperti kandungan Protein, Karbohidrat, Zat besi, Magnesium, dan juga Kalsium.

12.  Memperlancar Sirkulasi Darah
Beberapa temuan ilmiah menyebutkan bahwa, Manfaat daun randu dari kandungan Zat besi dan Fosfor di dalamnya adalah kombinasi paling baik dalam upaya memperlancar sistem sirkulasi darah di seluruh tubuh. Dengan lancarnya sistem sirkulasi darah secara baik maka hal tersebut tentu akan berdampak pada pengoptimalan kinerja organ-organ tubuh lainnya pula.

13.  Menutrisi Kulit
Kandungan Vitamin E, Vitamin C, Vitamin B12, dan juga Kalium adalah zat-zat yang dibutuhkan dalam penutrisian kulit secara keseluruhan, baik itu kulit wajah, kulit kepala (kulit rambut), kulit telapak tangan-kaki, dll. Bahkan manfaat daun randu dari kandungan-kandungan tersebut bisa menjadikan efek anti-penuaan dini.

14.  Mempertajam Daya Ingat
Manfaat daun randu yang dimana memiliki kandungan Omega-3, Omega-6, dan Asam askorbat bisa sangat berguna dalam upaya meningkatkan kinerja otak, khususnya dalam aspek peningkatkan daya ingat otak (memory ability).


ARTIKEL TERKAIT :
-> 14 Manfaat BIJI SELASIH menurut pakar Nutrisionist
-> 14 Manfaat BIJI MAHONI menurut pakar Nutrisionist
-> 11 Manfaat CHIA SEED menurut pakar Nutrisionist
-> 11 Manfaat BUAH SALAK Bagi Kesehatan Tubuh



Demikian Info lengkap mengenai 14 Manfaat DAUN RANDU menurut pakar Nutrisionist dari Bang-Isman. Silahkan SHARE (Bagikan) artikel ini supaya lebih bermanfaat, Terima kasih.

0 comments

Posting Komentar