Header Ads Widget

Responsive Advertisement

11 Cara Mengatasi HIDUNG TERSUMBAT menurut pakar Medis

Hidung tersumbat (bahasa latin : Nasal Congestion) adalah suatu kondisi gejala dari hidung mampet-tersumbat yang menyebabkan oksigen sulit masuk melalui hidung. Umumnya, gejala hidung tersumbat ini disebabkan oleh penyakit flu atau influenza, alergi, sinusitis, infeksi rongga hidung, dan lain sejenisnya. Meskipun dampak dari hidung tersumbat ini bisa teratasi dengan mengonsumsi obat-obatan kimia namun para pakar medis lebih menyarankan untuk menggunakan metode cara mengatasi hidung tersumbat secara alami.


Penanganan hidung tersumbat secara alami bisa diaplikasikan dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal yang tentunya tidak memiliki efek samping. Adapun jenis bahan-bahan herbal untuk mengatasi hidung tersebut harus memiliki zat-zat aktif seperti : Zat besi, Fosfor, Magnesium, Vitamin C, Vitamin A, Riboflavin, Thiamin, dan juga Flavonoid. Karena memang pada dasarnya kandungan-kandungan zat aktif tersebut dapat merangsang perbaikan sel-sel saraf tubuh yang menimbulkan masalah inflamasi pada kasus hidung tersumbat.

Salah seorang pakar spesialis medis dari The Center for Bioethics at the University of North Carolina, Chapel Hil Prof. Dr. Annie Lyerly Ph.d, M.D, MA, mengemukakan bahwa, Memperbanyak mengonsumsi air putih adalah langkah paling tepat dalam mengatasi masalah hidung tersumbat. Karena memang pemenuhan asupan Hidrasi (asupan air putih) tubuh dapat memicu peningkatan produktifitas sel-sel darah putih, dimana hal tersebut akan berdampak pada pemulihan masalah kesehatan hidung tersumbat. Ia berujar :

“Peningkatkan produktifitas sel-sel darah putih merupakan faktor paling vital dalam upaya mengatasi masalah hdiung tersumbat. Dimana pada hakikatnya hal tersebut bisa didapatkan dengan cara memperbanyak asupan air putih,” ujarnya.

Pada sebuah hasil riset ilmiah yang dipublish di International Journal of Medical Science and Public Health (tahun 2012), telah dinyatakan bahwa, Menghirup uap air hangat adalah salah satu metode cara mengatasi hidung tersumbat yang sangat efektif. Dimana memang uap air hangat dapat merangsang aktifasi rongga hidung yang kemudian melenturkan saluran pernapasan hidung sehingga sumbatan akan membukan dan pulih seperti semula.

Salah seorang ilmuwan cardiologist dan medis dari Northwestern University's Feinberg School of Medicine Prof. Dr. Philip Greenland Ph.d, Bs.c, menyebutkan dalam penelitiannya bahwa, Lari-lari kecil bisa dijadikan sebagai salah satu metode cara mengatasi hidung tersumbat. Hal ini dikarenakan saat seseorang berlari, maka fungsi kinerja metabolisme tubuh dalam meregenerasi dan memulihkan dapat berjalan secara optimal. Dengan demikian maka efek dari gejala inflamasi (peradangan) yang dialami tubub dapat menurun secara drastis, tak terkecuali pada gejala radang rongga hidung pada kasus hidung tersumbat. Ia berujar :

“Berlari-lari kecil bisa dijadikan sebagai salah satu metode cara mengatasi hidung tersumbat yang sangat mengganggu aktifitas keseharian. Karena memang faktanya dengan berlari maka tubuh akan memicu peningkatkan pada proses metabolisme, yang dengan demikian maka hal tersebut akan dapat memulihkan segala macam gejala penyakit inflamasi (radang), tidak terkecuali pada kasus masalah radang rongga hidung atau hidung tersumbat,” ujarnya.

Adapun berikut beberapa metode cara mengatasi radang tenggorokan berdasarkan penelitian-penelitian dari para pakar medis-fisioterapist.

11 Cara Mengatasi HIDUNG TERSUMBAT menurut pakar Medis

1.  Minumlah Sari Jahe
Menurut data dari USDA SR-12 (United State Department of Agriculture) sari jahe telah terbukti memiliki kandungan Vitamin C, Riboflavin, dan Thiamin yang kadar jumlahnya dapat memenuhi kebutuhan asupan nutrisi tubuh sebanyak 67% per 330 ml. Dimana dengan tingginya kadar jumlah tersebut maka masalah-masalah yang berkaitan dengan inflamasi (peradangan) dapat teratasi dengan sangat mudah, salah satunya masalah radang hidung tersumbat.

Cara Penerapannya :
-  Pertama-tama siapkan 1-2 batang jahe.
-  Kemudian kupaslah kulit terluar jahe.
-  Cucilah jahe menggunakan air bersih.
-  Haluskan jahe dengan cara ditumbuk atau diblender.
-  Tambahkan 250 ml air bersih (air tawar).
-  Kemudian rebuslah hingga mendidih.
-  Selesai, sari jahe siap untuk dihidangkan.

2.  Minumlah Sari Jeruk Nipis
Sari jeruk nipis bisa digunakan sebagai salah satu metode cara mengatasi hidung tersumbat karena di dalamnya mengandungan senyawa Anti-Oksidan dan Anti-Inflamasi yang kadar jumlahnya sangat tinggi. Belum lagi kandungan Vitamin C pada sari jeruk nipis yang juga memiliki kemampuan sebagai penguat sistem imun tubuh, sehingga masalah-masalah inflamasi (peradangan) radang rongga hidung yang mengakibatkan hidung tersumbat dapat terobati secara efektif dan efisien.

Cara Penerapannya :
-  Pertama-tama siapkan 2-3 jeruk nipis.
-  Kemudian kupaslah kulit luar jeruk nipis.
-  Cucilah jeruk nipis menggunakan air bersih.
-  Peras buah jeruk nipis tersebut hingga mengeluarkan sari sepenuhnya.
-  Tambahkan sari jeruk nipis tersebut dengan 250 ml air putih hangat.
-  Selesai, sari jeruk nipis siap untuk dihidangkan.

3.  Menghirup Uap Air Hangat
Pada sebuah hasil riset ilmiah yang dipublish di International Journal of Medical Science and Public Health (tahun 2012), telah dinyatakan bahwa, Menghirup uap air hangat adalah salah satu metode cara mengatasi hidung tersumbat yang sangat efektif. Dimana memang uap air hangat dapat merangsang aktifasi rongga hidung yang kemudian melenturkan saluran pernapasan hidung sehingga sumbatan akan membukan dan pulih seperti semula.

Cara Penerapannya :
-  Siapkan 500-600 ml air bersih (air tawar).
-  Kemudian rebuslah hingga mendidih.
-  Letakan air rebusan tersebut ke dalam wadah mangkuk berukuran sedang.
-  Lalu hiruplah uap air rebusan tersebut dengan.
-  Lakukan secara berulang-ulang selama 10-20 menit.

4.  Memijat-mijat Hidung
Dengan memijat-mijat hidung maka hal tersebut akan secara langsung merangsang produktifitas sel-sel saraf sekitaran hidung. Sehingga dengan demikian maka sel-sel saraf dan otot rongga hidung yang mengalami sumbatan dapat pulih seperti sediakala. Adapun metode penerapannya bisa menggunakan salep atau balsem otot supaya efek sumbatannya dapat mereda dengan cepat.

Cara Penerapannya :
-  Siapkan salep atau balsem otot.
-  Ambil dan basuhkan salep atau balsem tersebut ke hidung bagian atas.
-  Lakukan pijatan-pijatan kecil.
-  Lalu diamkan selama 20-30 menit.
-  Biarkan efek dari salep dan balsem tersebut hingga hilang meresap.
-  Jika sudah maka bersihkan bekas salep atau balsem tersebut.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Posting Komentar

0 Komentar