Senin, 26 Agustus 2019

10 Cara MENGHILANGKAN BAU JENGKOL Di Mulut

Menurut seorang Pennsylvania's statewide Chronic Care Model-focused Patient Centered Medical Home (PCMH) Prof. Dr. Robert A. Gabbay Ph.D, M.D, FACP,  Aroma mulut tak sedap yang disebabkan oleh makanan-makanan berbau tak sedap seperti jengkol ini pada dasarnya sangat mudah dihilangkan jika setiap sela-sela gigi dibersihkan secara konstan. Meskipun begitu, masalah bau jengkol di mulut ini bisa diatasi dengan metode cara menghilangkan bau jengkol di mulut.


Selain mengurangi rasa percaya diri, bau mulut jengkol yang tidak sedap juga sangat mengganggu seseorang saat sedang saling berbincang-bincang dan berhadapan muka, terlebih jika topik pembicaraanya menyangkut pekerjaan atau hal-hal yang penting, tentu ini sangat menghambat dan mengganggu komunikasi. Para pakar dentist sendiri telah menemukan beberapa penerapan atau Meskipun begitu, masalah ini bisa diatasi dengan metode cara menghilangkan bau jengkol di mulut dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang tentunya penerapan-penerapan tersebut tidak memiliki efek samping.

BACA JUGA :
11 Manfaat Sumsum Tulang Sapi menurut pakar Nutrisionist

Seorang pakar kesehatan dan pendiri The California Breath Clinics, yang juga merupakan seorang pengembang Thera Breath line of premium Oral care products, Amerika Serikat Dr. Harold Katz M.D, ia berujar :

“Ketika mulut kekurangan cairan, bakteri yang tinggal di dalam mulut berkembang biak akibat zat-zat makanan beraroma tidak sedap, salah satunya jengkol ini. Saat tidur, produksi air liur tidak banyak atau tidak ada sama sekali. Itu sebabnya setiap bangun tidur, mulut terasa kering dan mulut bau jengkol di mulut,” ujarnya.

Salah seorang dokter spesialis gigi dan kosmetik dari kota New York, Amerika Serikat Dr. Brian K. DDS, juga ikut berkomentar mengenai penyebab bau jengkol di mulut ini. Ia berujar :

"Zat-zat makanan yang beraroma tak sedap dari jengkol bercampur dengan saliva (air liur) secara langsung bisa mengakibatkan. Koloni bakteri campuran dari zat-zat makanan ini akan mengeluarkan komponen Sulfur melalui Respirasi Anaerobik sehingga bau jengkol di mulut akan bisa timbul," ujarnya.

Memang pada hakikatnya bau jengkol di mulut terjadi dari proses produksi Saliva (air liur) yang tercampur dengan bakteri dan kuman akibat konsumsi jengkol. Umumnya, bau mulut disebabkan oleh gaya hidup dan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat seperti : merokok, malas menggosok gigi, makan-makanan yang berbau tajam menyengat (seperti pete, jengkol, durian, dll), atau kemungkinan dikarenakan oleh penyakit. Meskipun begitu, masalah bau jengkol di mulut ini bisa diatasi dengan metode cara menghilangkan bau jengkol di mulut menggunakan bahan-bahan alami seperti : jeruk nipis, daun sirih, daun bihanong, dan juga okra.

Seperti yang diujarkan oleh para ahli, keadaan bau mulut ini memang sangat menghambat seseorang saat sedang saling berbincang-bincang masalah pekerjaan atau hal penting, oleh karena itu sebaiknya kita segera melakukan penanganan yang tepat dan jeli dalam mengatasinya, berikut ulasan lengkap mengenai cara menghilangkan bau mulut agar menjadi segar seharian :

10 Cara Menghilangkan BAU JENGKOL di mulut

1.  Menggosok Gigi
Menggosok gigi merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan mulut sekaligus menghilangkan bau jengkol di mulut. Para ahli sangat menganjurkan seseorang menggosok gigi rutin minimal 2x sehari dan diutamakan dilakukan pada waktu pagi dan malam hari. Menggosok gigi merupakan cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang paling praktis dan paling efektif dampaknya.

2.  Gunakan Kulit Jeruk
Menurut seorang dokter spesialis gigi dari Davenport, Dr. Lynn Griebahn, MD, DDS, berujar bahwa, Zat Pektin dan kandungan Antibiotik alami pada kulit jeruk terbukti sangat ampuh dalam mengatasi masalah bau jengkol di mulut. Bakteri, noda, dan jamur sekecil apapun di dalam mulut / gigi akan dapat musnah dengan penggunaan kulit jeruk ini. Ia berujar

“Saya mengatakan pada pasien saya untuk menghindari penggunakan obat kumur. Bahan kimia di dalam obat kumur bisa membuat mulut kering serta membunuh bakteri baik yang bermanfaat untuk kesehatan mulut dan usus. Adapun solusi konkritnya yaitu dengan menggunakan jeruk nipis, terkhusus dalam mengatasi masalah bau jengkol di mulut,” ujarnya.

# Cara Menggunakannya :
> Siapkan 1-2 buah jeruk.
> Kupaslah bagian kulit luarnya.
> Gosokkan kulit jeruk (kulit bagian dalam) ke permukaan gigi secara merata.
> Diamkan selama 2-3 menit.
> Kemudian berkumurlah dengan menggunakan air bersih.

3.  Gunakan Larutan Baking Soda
Mungkin sudah banyak yang mengetahui kegunaan bahan ini bagi kesehatan dan kecantikan fisik gigi. Sejauh ini, Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang paling efektif mengatasi dan menghilangkan bau jengkol di mulut. Namun perlu digaris bawahai bahwa penggunaan baking soda ini jangan terlalu sering, karena jika pemakaiannya terlalu berlebihan maka akan berdampak tidak baik dalam jangka waktu panjang nantinya, sebaiknya gunakan cara ini antara 1-2 kali dalam sebulan

# Cara Menggunakannya :
> Ambil baking soda secukupnya sekitar ½ sdt.
> Kemudian masukkan kedalam rongga mulut kamu (jangan ditelan).
> Biarkan dan diamkan selama 5-10 menit
> Kemudian gosoklah menggunakan sikat gigi.
> Setelah itu berkumurlah dengan air bersih.

4.  Gunakan Siwak
Siwak merupakan batang atau akar dari pohon Salvador Persica yang sudah digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut dari jaman dahulu kala, dan termasuk juga menghilangkan bau jengkol di mulut. Bagi orang muslim, benda ini sudah tidak asing lagi karena Nabi Muhammad SAW sendiri sudah sering menggunakannya dan dijadikan menjadi Sunnah. Namun pertanyaanya, Kenapa Siwak...? dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa Siwak memiliki kandungan Anti-Bakteri, Flouride, Vitamin C, Tannin, Potasium, Anti-Decay agent, dll. Semua kandungan itu terbukti nyata dapat menuntaskan noda, plak, bakteri dan juga menghilangkan bau jengkol di mulut.

# Cara Menggunakannya :
> Siapkan 1 batang akar siwak terpilih sepanjang sekitar 10 cm.
> Kemudian bentuklah ujungnya menyerupai sikat/kuas.
> Lalu gunakanlah dengan cara menggosok selayaknya sikat gigi.
> Berkumurlah dengan air bersih sesudahnya.

5.  Gunakan Larutan Garam dan Lemon
Campuran garam dan lemon akan menghasilkan senyawa aktif yang sangat berguna dalam mengatasi dan menghilangkan bau jengkol di mulut supaya menjadi lebih segar seharian. Karena memang keduanya (garam dan lemon) memiliki kandungan yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan permukaan gigi, antara lain adalah : Fosfor, kalsium, Sulfur, Minyak Atsiri, dan masih banyak lagi.

# Cara Menggunakannya :
> Siapkan 1 sdt garam dan 1 buah sari lemon.
> Campurkan keduanya dengan menumbuk atau bisa juga mem-blender.
> Oleskan ke lapisan luar dan dalam gigi secara merata.
> Kemudian berkumurlah seetelahnya.

6.  Gunakan Daun Salam
Daun salam kaya akan Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan Vitamin D, selain itu di dalamnya juga terkandung Zat Besi, Magensium, Kalsium, dll. Belum lagi kandungan Ekstrak Ethanol di dalamnya. Dengan lengkapnya kandungan-kandungan maka kamu bisa memanfaatkan Daun Salam ini sebagai bahan untuk mengatasi dan menghilangkan bau jengkol di mulut.

# Cara Menggunakannya :
> Siapkan 2-3 helai daun salam.
> Lalu, tumbuk kasar daun salam.
> Gosokkanlah ke bagian dalam dan luar secara merata.
> Setelah itu berkumurlah dengan menggunakan air bersih.

7.  Bersihkan Permukaan Lidah Setelah Sikat Gigi
Hal ini tak kalah pentingnya seperti menyikat gigi, Kerokan Lidah bertujuan supaya Lidah kita bersih dari timbunan kuman, bakteri, jamur, sel-sel mati, dan sisa-sisa makanan. Karena penimbunan-penimbunan Bakteri inilah air liur kita menjadi berbau busuk (tak sedap akibat jengkol). Adapun penyebab lainnya dari penimbunan bakteri ini bisa dikarenakan oleh kebiasaan merokok, penggunaan obat tertentu, mulut kering, infeksi jamur, dll.

8.  Minum Teh Hijau
Teh hijau memiliki kandungan zat aktif yang disebut Zat Catechin, dimana zat “langka” ini dapat secara efektif membunuh bakteri di mulut yang dapat menyebabkan bau jengkol di mulut. Tidak hanya itu, ilmuwan juga telah menemukan bahwa senyawa kimia Polipenol yang terdapat dalam teh hijau dan juga teh hitam dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab bau jengkol di mulut.

9.  Perbanyak Konsumsi Air putih
Menurut para Ahli Biologi, hampir 90% kondisi bau jengkol di mulut disebabkan oleh Bakteri sisa-sisa makanan dan juga Protein di dalam air liur itu sendiri. Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh American Dental Association (ADA) menemukan bahwa kondisi air liur yang berkurang di dalam mulut akan membuat Bakteri dan Kuman cepat tumbuh berkembang biak. Sangat dianjurkan untuk konsumsi Air putih 3-2 Liter dalam sehari untuk mengatasi bau jengkol di mulut.

10.  Kunyah Permen Karet
Mengunyah Permen karet merupakan cara alternatif “tercepat” dalam mengatasi bau jengkol di mulut, Namun perlu diperhatikan juga bahwa permen karet yang kita kunyah tidak mengandung gula berlebihan, pilihlah permen karet yang memiliki kandungan gula rendah dan lebih baik yang mengandung Mint.


ARTIKEL TERKAIT :
-> 11 Cara Menghilangkan KOMEDO dengan bahan Tradisional
-> 10 Cara Menghaluskan TELAPAK TANGAN menurut pakar Dermatologist
-> 12 Cara Memutihkan KETIAK HITAM (Black's Armpit)
-> 14 Cara Menghilangkan MINYAK DI WAJAH menurut pakar Dermatologist



Demikian tips-tips mengenai 10 Cara Menghilangkan BAU JENGKOL di mulut dari Bang isman, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian pemirsa.

0 comments

Posting Komentar