Kamis, 01 Juni 2023

AWAS! Sering Begadang Bisa Menurunkan Daya Ingat (Memory Ability)


Pendapat dari hasil riset dan para pakar medis-klinis :

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan terkemuka dari Center of Sleep and Circadian Neurobiology di Universitas Pennsylvania mengemukakan bahwa, Kurang tidur dapat secara langsung maupun tidak langsung mengakibatkan kerusakan otak. Hal ini dikarenakan penyebab dari rusaknya atau terganggunya fungsi sel otak spesifik Locus Ceruleus (LC) yang bekerja aktif untuk membuat manusia terjaga secara normal.

Salah seorang pakar kedokteran yang saat ini bekerja di Department of Neuroscience Dr. Jonathan Cedernaes M.Sc juga sangat mengkhawatirkan mengenai kebiasaan begadang ini, karena memang bahayanya bagi kesehatan fungsi kognitif otak bisa sampai pada tingkatan yang kritis untuk jangka waktu yang lama. Dia berpendapat bahwa :

“Setidaknya beberapa jenis kurang tidur atau memperpanjang waktu untuk terjaga (termasuk begadang), kerja shift, dll malah dapat menyebabkan perubahan dalam Multiorganisme jaringan yang dapat memengaruhi Metabolisme tubuh dalam jangka waktu yang lebih lama. Dianjurkan untuk lebih baik meng-cancel atau men-delay pekerjaan sementara waktu dengan meluangkan waktu tidur, itu malah dapat meningkatkan kinerja pekerjaan otak kamu,” ujarnya.

Selain itu, temuan ilmiah dari seorang ahli Alternative Mental Health Prof. Dr. Elisa S. Lottor, Ph.D, N.D. dalam bukunya yang berjudul Female and Forgetful menyatakan bahwa, Kuantitas dan kualitas tidur yang baik akan langsung berdampak langsung terhadap kinerja otak, khususnya dalam kemampuan daya ingat dan berpikir. Otot dan saraf otak yang terpenuhi waktu istirahat dan relaksasinya akan memiliki tingkat kinerja yang lebih baik dan lebih fit di pagi harinya.


ARTIKEL TERKAIT :
-> 11 Manfaat PARE menurut pakar Nutrisionist
-> 14 Manfaat BIJI SELASIH menurut pakar Nutrisionist
-> 11 Manfaat MASKER TOMAT Bagi Kulit Wajah
-> 11 Manfaat BUAH SALAK Bagi Kesehatan Tubuh

0 comments

Posting Komentar