Kamis, 01 Juni 2023

Manfaat TELUR Untuk Kecerdasan Otak (Brain Food)

Dalam hasil riset yang didapati oleh para peneliti United States Department of Agriculture (USDA) Food Nutrition, tahun 2012, telah dinyatakan bahwa, Telur dapat menyediakan beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik dalam mengoptimalkan dan meningkatkan kecerdasan otak, seperti kandungan Omega-3, Protein dan juga Kolin. Kandungan dari ketiganya terbukti mampu bekerja secara aktif dalam merangsang perkembangan fungsi dari otak dan saraf-saraf sekitarnya.


Sejak lahir, Kemampuan otak (Brain Ability) dalam hal intelegency-kecerdasan memiliki tingkat IQ yang berbeda-beda. Namun meski demikian, kemampuan otak dalam hal kecerdasan bisa dipengaruhi oleh asupan-asupan makanan yang dikonsumsi. Para pakar medis dan fisioterapist sendiri menyatakan bahwa, Terdapat beberapa jenis makanan-makanan yang pada dasarnya bisa meningkatkan kecerdasan otak berdasarkan penelitian-penelitian dan hasil riset ilmiah, salah satunya yaitu Telur (telur ayam).

Salah seorang ilmuwan dari St. Louis Washinton University bernama Prof Dr. Lora Iannotti Ph.D berpendapat bahwa, Telur menyediakan beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang sangat baik dalam mengoptimalkan dan meningkatkan kecerdasan otak, seperti kandungan Omega-3, Protein dan juga Kolin. Kandungan dari ketiganya terbukti mampu bekerja secara aktif dalam merangsang perkembangan fungsi dari otak dan saraf-saraf sekitarnya.

Selain itu, komponen dari membran sel telur juga dapat sangat berguna dalam memperlancar proses sintesis acetylcholine, neurotransmitter. Dimana hal tersebut berdampak langsung terhadap pencegahan timbulnya gangguan-gangguan neurological dan penurunan fungsi kognitif otak.

Menurut hasil temuan dari Institute of Food Research (IFR) disebutkan bahwa, Telur merupakan salah satu sumber makanan hewani yang memiliki kandungan gizi dan nutrisi terlengkap. Satu butir telur saja memiliki segudang kandungan gizi dan nutrisi antara lain : Protein, Karbohidrat, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin D, Vitamin K, Zinc, Fosfor, Zat Besi, Kolin, Kalsium, Magnesium dan Selenium. Bahkan para ahli nutrisionist sangat menyarankan untuk mengonsumsi telur 1x sehari bagi seseorang yang sedang dalam masa produktif (usia remaja-dewasa). Sedangkan bagi anak-anak, tentunya ini menjadi poin-poin yang sangat penting dalam melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi pada masa tumbuh kembangnya. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan namanya “kekurangan gizi” bagi sel-sel saraf otak, terkhusus dalam upaya meningkatkan kecerdasan otak.

Sedangkan salah seorang pakar kesehatan pangan dan gizi dari Brain Food Research-Neuronnutrition Food, NYU School of Medicine, New York Dr. Lisa Mosconi Ph.D, mengemukakan bahwa, Pendekatan inovatif untuk meningkatkan kemampuan dan kesehatan kognitif otak terbaik adalah dengan cara menggabungkan konsep-konsep pola pengonsumsian makanan keseharian (pola makan) dengan perhitungan gizi yang diperketat. Pilihlah makanan-makanan yang kaya akan kandungan Omega-3 dan Omega-6 di dalamnya, salah satunya telur. Walau memang faktor usia juga merupakan salah satu pengaruh yang sangat sulit untuk dihindari.


ARTIKEL TERKAIT :
-> 11 Manfaat PARE menurut pakar Nutrisionist
-> 14 Manfaat BIJI SELASIH menurut pakar Nutrisionist
-> 11 Manfaat MASKER TOMAT Bagi Kulit Wajah
-> 11 Manfaat BUAH SALAK Bagi Kesehatan Tubuh

Demikian info mengenai Manfaat TELUR Untuk Kecerdasan Otak (Brain Food) dari Bang isman. Silahkan SHARE (Bagikan) artikel ini supaya lebih bermanfaat, Terima kasih.

0 comments

Posting Komentar