Kamis, 01 Juni 2023

Benarkah DEODORANT bisa menyebabkan Ketiak Hitam (Gelap menghitam)

Timbulnya masalah ketiak hitam bisa dipengaruhi oleh beberapa macam faktor seperti : faktor kebersihan lingkungan, faktor cuaca-iklim, faktor pemakaian kosmetik, faktor genetik-keturunan, dan juga faktor kebiasaan gaya hidup (lifestyle). Namun faktor yang paling sering dan paling umum menyebabkan timbulnya masalah black armpit (ketiak hitam-gelap) ini adalah pemakaian kosmetik berbahan dasar kimia.


Benarkah DEODORANT bisa menyebabkan Ketiak Hitam (Gelap menghitam)

Salah seorang pakar kesehatan kulit Dr. Jean Marquez FPDS, mengungkapkan bahwa, Penyebab umum ketiak hitam atau gelap ada pada kebiasaan pemakaian bahan-bahan kimia kosmetik seperti Deodorant, bedak, dan lain sejenisnya, khususnya bagi Deodorant. Deodorant merupakan produk kimia dengan kandungan alkohol yang terbilang cukup tinggi. Kandungan alkohol inilah yang menyebabkan kulit menjadi lebih kering, sehingga kulit akan mudah mengalami iritasi akibat gesekan. Gesekan yang mengiritasi kulit ketiak ini kemudian menghasilkan kulit ketiak yang menjadi lebih gelap kehitam-hitaman.

Sedangkan menurut pakar Dermatologist dari Alpharetta, Georgia, Amerika Serikat Dr. Chynna L. Steele M.D, dalam penelitiannya disebutkan bahwa, Black armpit (ketiak hitam) adalah kondisi dimana lapisan kulit ketiak mengalami peradangan atau iritasi kulit yang mengakibatkan ketiak berubah warna menjadi kehitam-hitaman. Meskipun ketiak hitam bukan merupakan suatu penyakit, tetapi pada kasus tertentu ketiak yang berubah warna menjadi kehitam-hitaman bisa mengindikasikan telah terjangkitnya seseorang oleh beberapa penyakit, antara lain seperti : Diabetes, Obesitas, dan juga Hiperpigmentasi. Para pakar dermatologist sendiri telah menemukan beberapa fakta bahwa, penyebab ketiak hitam bisa diakibatkan oleh penggunaan bahan-bahan kosmetik keacntikan (deodorant) yang saat ini tersebar luas di pasaran. Hal ini berdasarkan penelitian-penelitian dan hasil riset laboratorium.

Suatu penelitian dari American Osteopathic College of Dermatology (AOCD) mengemukakan bahwa Hiperpigmentasi merupakan salah satu penyebab kulit menjadi gelap (kehitam-hitaman) di sekitar ketiak. Meskipun pada umumnya Hiperpigmentasi tidak hanya terjadi di sekitar ketiak, tapi juga di sekitar pangkal paha. Hiperpigmentasi dibentuk dari proses produksi Melanin yang berlebihan dan biasanya tidak berbahaya bagi kesehatan kulit.

# KESIMPULAN :
Black armpit (ketiak hitam) adalah kondisi dimana lapisan kulit ketiak mengalami peradangan atau iritasi kulit yang mengakibatkan ketiak berubah warna menjadi kehitam-hitaman. Penyebab umum ketiak hitam atau gelap ada pada kebiasaan pemakaian bahan-bahan kimia kosmetik seperti Deodorant, bedak, dan lain sejenisnya, khususnya bagi Deodorant. Deodorant merupakan produk kimia dengan kandungan alkohol yang terbilang cukup tinggi. Kandungan alkohol inilah yang menyebabkan kulit menjadi lebih kering, sehingga kulit akan mudah mengalami iritasi akibat gesekan. Gesekan yang mengiritasi kulit ketiak ini kemudian menghasilkan kulit ketiak yang menjadi lebih gelap kehitam-hitaman.

Jadi bagi para pengguna deodorant-deodorant berbahan kimia yang saat ini tersebar luas dipasaran, dianjurkan oleh para pakar medis untuk segera menghentikannya karena dampaknya akan langsung menyebabkan masalah Black Armpit (ketiak hitam). Adapun solusi mengatasi ketiak hitam bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami herbal seperti : Daun sirih, Jeruk nipis, Lemon, Mentimun, Lidah buaya, Daun kemangi, dan lain sejenisnya


ARTIKEL TERKAIT :
-> 11 Cara Menghilangkan KOMEDO dengan bahan Tradisional
-> 10 Cara Menghaluskan TELAPAK TANGAN menurut pakar Dermatologist
-> 12 Cara Memutihkan KETIAK HITAM (Black's Armpit)
-> 14 Cara Menghilangkan MINYAK DI WAJAH menurut pakar Dermatologist



Demikian Info lengkap mengenai Benarkah DEODORANT bisa menyebabkan Ketiak Hitam (Gelap menghitam) dari Bang-Isman. Silahkan SHARE (Bagikan) artikel ini supaya lebih bermanfaat, Terima kasih.

0 comments

Posting Komentar