Senin, 04 Juni 2018

11 Manfaat CHIA SEED Bagi Kesehatan Tubuh

Chia adalah biji makanan berjenis Salvia hispanica, yaitu tanaman berbunga mint asli Amerika Tengah. Biji Chia seed ini juga sudah tersebar luas khsusunya di kawasan-kawasan Amerika Serikat, Ameriuka Selatan, Amerika Timur, dan sekitaran Meksiko. Biji chia berbentuk oval, berwarna abu-abu dengan bintik-bintik hitam dan putih, dengan diameter sekitar 1 milimeter (0,04 inci). Bijinya hidrofilik, menyerap hingga 12 kali beratnya dalam cairan mineral ketika direndam dan mengembangkan lapisan mucilaginous yang biasanya dijadikan larutan herbal. Manfaat dan khasiat dari biji chia seed ini juga terbilang luar biasa, selain dapat digunakan sebagai asupan otak dan mata, biji chia seed juga dipercaya sangat ampuh dalam mengatasi masalah sembelit (susah buang air besar). Ini dikarenakan tersedianya bermacam zat-zat aktif yang sangat bagus bagi kesehatan lambung, hatim jantung, dan otak.


Seorang pakar kesehatan pangan dan medis dari The North Carolina Research Campus Prof. Dr. David Nieman, FACSM, mengemukakan bahwa, Manfaat chia seed ini sangat bagus bagi kesehatan organ-organ tubuh khususnya organ-organ pencernaan seperti usus kecil, usus besar, lambung, dll. Menurut hasil riset, kandungan serat fiber pada biji chia sangat mudah melebur di perut sehingga hal tersebut sangat membantu dalam mempercepat efek mengenyangkan (merasa kenyang) bagi orang yang sedang melakukan diet dan juga sekaligus melancarkan proses metabolisme tubuh. Ia berujar :

"Selama periode 12 minggu, kami melihat beberapa perubahan tingkat dalam nafsu makan namun sangat berpengaruh terhadap penurunan berat badan seseorang. Inilah yang memperkuat fakta bahwasanya chia seed merupakan sumber nabati yang sangat cocok dalam menentaskan lemak dalam tubuh," ujarnya.

Menurut hasil riset ilmiah dari A New Age Functional Food, tahun 2016, disebutkan bahwa, Biji chia mengandung beberapa komponen-komponen zat alami yang ketika dimakan dapat mencegah perkembangan berbagai penyakit kronis. Yang menarik oleh para peneliti adalah kandungan tinggi asam lemak linoleat dan alfa-linolenat (ALA) biji chia. Enam puluh persen dari minyak biji chia berasal dari asam lemak omega-3 ini, dimana jumlah dari Omega-3 nya ini sangat bermanfaat bagi kesehatan otak, jantung, kulit dan juga sel-sel saraf mata.

Sedangkan menurut seorang ahli kedokteran fitness dan dietetics dari Research Associate of Faculty Research Centre & Sport Dr. Duane Mellor M.Sc menyebutkan dalam penelitiannya bahwa, Chia seed merupakan salah satu makanan berjenis biji-bijian yang sangat kaya akan kandungan Anti-Oksidan di dalamnya. Ia berujar :

“Sejauh ini yang paling umum didapati adalah khasiatnya utnuk glutathione dan asam urat karena adanya kandungan Vitamin A, Vitamin C, dan Vitamin E yang kita dapatkan dari makanan berjenis biji-bijian ini (Chia seed). Dengan banyaknya dan bermacamnya zat Anti-Oksidan ini menjadikan biji chia seed  sebagai salah satu sumber bahan dasar di dunia farmasi (obat-obatan) yang diperuntukan penyakit-penyakit kronis tertentu,” jelasnya.

Adapun berikut beberapa khasiat dan manfaat Chia seed bagi kesehatan tubuh berdasarkan penelitian-penelitian dari para pakar nutrisi (nutrisionist).

11 Manfaat CHIA SEED Bagi Kesehatan Tubuh

1.  Melancarkan Sistem Pencernaan
Seorang pakar kesehatan pangan dan medis dari The North Carolina Research Campus Prof. Dr. David Nieman, FACSM, mengemukakan bahwa, Manfaat chia seed ini sangat bagus bagi kesehatan organ-organ tubuh khususnya organ-organ pencernaan seperti usus kecil, usus besar, lambung, dan lain sejenisnya, sehingga masalah-masalah sistem pencernaan seperti Sembelit (susah buang anir besar) bisa teratasi dengan mudah.

Khasiat dan manfaat chia seed sebagai solusi masalah sembelit memang sudah tidak perlu diragukan lagi karena di dalamnya mengandung Serat, Vitamin C, Vitamin A, Fosfor, Asam lemak Omega-6, Zat pati, dll. Bahkan beberapa produk obat-obatan untuk penyakit Sembelit sering menggunakan biji chia seed ini sebagai ekstraknya.

2.  Meningkatkan Kecerdasan Otak
Menurut hasil riset ilmiah dari A New Age Functional Food, tahun 2016, disebutkan bahwa, Enam puluh persen komponen dari biji chia berasal dari asam lemak Omega-3 ini, dimana jumlah dari Omega-3 nya ini sangat bermanfaat bagi kesehatan sel-sel saraf otak. Sehingga dengan demikian maka kinerja otak dalam hal kemampuan berfikir (intelegency) dan juga kemampuan daya ingat (memory ability) akan meningkat.

3.  Mengatasi Penyakit Asam Urat 
Seorang ahli kedokteran fitness dan dietetics dari Research Associate of Faculty Research Centre & Sport Dr. Duane Mellor M.Sc menyebutkan dalam penelitiannya bahwa, Chia seed merupakan salah satu makanan berjenis biji-bijian yang sangat kaya akan kandungan Anti-Oksidan di dalamnya. Dimana kandungan-kandungan zat Anti-Oksidan yang terdapat pada biji chia seed ini bisa sangat bermanfaat dalam menentaskan, mengatasi, serta mengobati penyakit asam urat.

4.  Memperbaiki Sel-sel Jaringan Tubuh
Menurut data dari USDA (United State Department of Agriculture) Food Nutrition, menyebutkan bahwa, Chia seed memiliki kandungan Fosfor sebanyak 860 mg atau setara 122% Kkal. Dimana dengan jumlah sebanyak ini maka akan berdampak terhadap proses perbaikan dan pemeliharaan berbagai macam sel-sel saraf dalam tubuh.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

0 comments

Posting Komentar