Kamis, 01 Juni 2023

Mata Belekan : Pengertian dan Pendapat dari para ahli

Belekan atau belek mata pada umumnya adalah proses alami dari mata dalam mengeluarkan kotoran, bakteri, debu, dan mikroba-mikroba kecil yang menempel di bagian bola mata. Biasanya proses munculnya belekan terjadi pada saat kita tidur dan memejamkan mata, dan juga biasanya masalah Belekan ini muncul di saat musim-musim tertentu. 


Pada beberapa kasus masalah belekan ini masih terbilang aman bagi kesehatan dan dapat ditangani dengan obat-obatan, namun ada juga beberapa kasus dari masalah belekan ini yang terbilang serius dan memerlukan perawatan.

Hasil temuan yang di dapati oleh seorang dokter spesialis mata dari RS. Universitas Airlangga, Dr. Mohammad Nurdin Zuhri, SpM, menemukan bahwa, Waktu tidur adalah momen paling tepat dimana mata bagian selaput untuk meregenerasi sel-sel dan mikroba-mikroba kecil pada mata.  

"Sel-sel yang mati ini menumpuk dan mengalir bersama air mata, sehingga waktu bangun tidur akan terdapat kotoran mata pada sudut mata," ujarnya. 

"Jika terjadi infeksi, peradangan atau alergi pada permukaan mata, sel-sel pada permukaan mata dan kelopak merespons dengan mengeluarkan cairan lebih banyak, lebih kental dengan warna yang bervariasi tergantung penyebabnya. Cairan kental inilah yang dikenal dengan nama Belek Mata (Belekan)," tutupnya.

Di samping itu ada beberapa ciri-ciri mata belekan yang menurutnya belum banyak diketahui dan dipahami oleh banyak orang, sehingga mereka seakan acuh mengenai masalah ini. Berikut beberapa ciri-ciri mata belekan :
Halaman berikutnya...
1 2 FULL

0 comments

Posting Komentar