Minggu, 25 Juni 2017

8 Penyebab Handphone atau Smartphone Cepat Panas

Saat Handphone atau Smartphone kamu menjadi lebih panas dari biasanya itu akan menyebabkan menurunnya performa saat menjalankan suatu proses, kejadian ini biasa disebut dengan “OVERHEAT”. OVERHEAT adalah suatu kejadian dimana temperatur suhu perangkat kita menjadi lebih panas daripada biasanya. Sebenarnya saat perangkat Handphone atau Smartphone kita menjadi panas itu merupakan hal yang normal-normal saja, namun jika suhu panasnya berlebih dan terjadi dalam waktu pemakaian yang singkat maka itu menandakan adanya error atau kerusakan pada perangkat kamu. Normalnya, suhu Smartphone berada pada 350-400 Celcius, namun jika melebihi dari panas tersebut maka bisa dipastikan bahwa smartphone kamu mengelami Overheat. 


Dalam kasus ini (Overheat), HP atau Smartphone bisa saja mengalami kejadian terburuk, dari rusak atau error sistem biasa hingga bahkan HP atau Smartphone meledak. Kasus-kasus meledaknya smartphone atau handphone sudah banyak sekali terjadi. 

Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa smartphone yang mengalami overheat merupakan gejala dari adanya kerusakan pada perangkatnya. Adapun Overheat bisa disebabkan oleh berbagai macam error sistem atau kerusakan perangkat, berikut ulasan lengkapnya :

8 Penyebab Handphone atau Smartphone Kepanasan (Over Heat)

1.  Baterai yang sudah tidak layak pakai atau rusak
Faktor utama Smartphone mengalami overheat yaitu sudah rusaknya baterai, baterai yang sudah rusak atau tidak layak pakai otomatis akan berakibat pada meningkatnya suhu Smartphone yang lebih cepat daripada biasanya.

2.  Aplikasi yang terlalu banyak
Dengan meng-install dan men-download aplikasi yang berlebih / terlalu banyak maka itu akan mengakibatkan sistem pengoperasian program menjadi lambat dan lemot, akibatnya daya baterai yang dikeluarkan menjadi tidak terkontrol dengan baik. Ketika daya baterai tidak terkontrol dengan baik maka suhu Smartphone akan secara langsung meningkat dengan cepat (tidak seperti biasanya).

3.  Jaringan Sinyal yang Tidak Stabil
Jaringan sinyal yang tidak stabil juga bisa mengakibatkan Smartphone kita mengalami overheat, ini dikarenakan daya listrik baterai yang teraliri tidak stabil. Saat sinyal mengalami naik-turun yang tidak stabil maka kebutuhan daya listrik menjadi tidak stabil pula.

4.  Over-Multitasking
Over-Multitasking adalah suatu dimana terlalu banyak aplikasi program yang berjalan. Hal ini sangat menguras daya listrik baterai yang tidak sedikit. Selain itu, daya kerja baterai juga ikut meningkat dengan terlalu banyaknya program aplikasi yang dijalnkan, sehingga akan menimbulkan kumparan panas pada disc penyimpanan.

5.  Memory Penuh
Setiap perangkat smartphone pasti memiliki batas penyimpanan yang bisa digunakan penggunanya. Ketika pemakaian memory mendekati atau mencapai batas penyimpanan tersebut maka ruang kosong yang ada pada penyimpanan akan menjadi sesak penuh. Nah, pada kondisi seperti ini penggunaan memory yang berlebih akan menimbulkan peningkatan proses yang begitu banyak sehingga daya listrik baterai akan terkuras secara signifikan. Hal ini tentu saja berdampak langsung kepada “kesehatan” baterai itu sendiri.   

6.  Mengoperasikan HP sembari mengeces (charging)
Mengoperasikan Smartphone sembari mengeces (charging) tentu sudah banyak dilarang oleh para pengembang perangkat smartphone, hal ini memang sangat berbahaya sekali jika dilakukan. Saat kita melakukan pemakaian smartphone sembari mengeces (charging), listrik pada saat itu teraliri masuk-keluar secara bersamaan. Hal ini akan menyebabkan kumparan listrik antara baterai dan sumber listrik menjadi tidak teratur, efeknya perangkat menjadi panas karena kumparan listrik tersebut.

7.  Ruang Sempit HP / Smartphone
Ruang sempit seperti saku, dompet dan bahkan softcase sebenarnya sangat berpotensi menyebabkan overheat pada smartphone. Namun jika dilakukan tidak lama dan dalam waktu yang sewajarnya saja maka hal itu tidak perlu terlalu dikahwatirkan.

8.  Kesalahan penempatan 
Penempatan smartphone pada tempat yang salah juga bisa menyebabkan meningkatnya suhu panas smartphone kamu. Beberapa penempatan smartphone yang bisa menyebabkan overheat seperti : di atas laptop, di atas TV, di bawah Bantal, di bawah Kasur,dll.


ARTIKEL TERKAIT :
-> 5 Cara Menghilangkan dan Mengatasi KARAT (Karatan)
-> Sejarah Lengkap : MENARA EIFFEL
-> TOP 10 PERMAINAN TRADISIONAL yang hilang ditelan zaman
-> TOP 6 Komentator SEPAKBOLA INDONESIA Terpopuler


Demikian info lengkap mengenai Smartphone atau Handphone Cepat Panas dari Bang Isman, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa.

0 comments

Posting Komentar