Jumat, 20 November 2020

Biografi ROBERT DOWNEY Jr. (Agama, Hobi, Nama Asli, Penghargaan, dll)

Robert Downey Jr. adalah salah seorang aktor hollywood ternama yang sering dikenal banyak penonton film-film superhero sebagai Iron Man atau Tony Stark. Bagi para penggemar karakater Iron Man atau Tony Stark, tentu kalian sudah sangat mengenal tokoh yang satu ini. Memiliki bawaan yang simpel, elegan, famousius dan juga sedikit lucu. Berikut biografi robert downey jr sang superhero ironman.


Robert Downey Jr. lahir pada 4 April 1965 di Manhattan, New York, Amerika Serikat. Dia merupakan putra dari Robert Downey sr. (ayah) dan Elsie Ann Ford (ibu). Dia juga memiliki seorang istri bernama Susan Levin Downey dan memiliki 3 orang anak bernama Indio Falconer Downey, Avri Roel Downey dan Exton Elias Downey. 

Kehidupan keluarga Robert Downey Jr. terbilang sangat tragis dan sangat kacau. Dimana pada saat dia berusia 6 tahun dirinya telah mengenal ganja dan mengonsumsinya. Yang lebih tragisnya adalah orang pertama yang memperkenalkan dan mengajaknya mengonsumsi ganja adalah ayah kandungnya sendiri. 

"Ketika ayah kandung saya dan saya sendiri akan mengonsumsi narkoba bersama-sama, itu seperti dia mencoba menunjukan cinta kasih sayangnya padaku, itulah satu-satunya cara yang dia tahu bagaimana menunjukan hal (kasih sayang) tersebut," ujarnya. 

Meskipun begitu, ayah dan ibunya juga merupakan mediator yang menghubungkan Robert Downey jr. ke industri perfilman hingga menjadi sangat terkenal seperti saat ini. Dimana pada waktu kecil Robert Downey jr. sering sekali memainkan peran di film-film ayahnya, meskipun hanya beberapa peran-peran kecil. 

Di awal karirnya, Robert Downey jr. memainkan peran-peran kecil dari film ayahnya. Kemudian dia mengembangkan diri di beberapa pentas seni akting, seni suara, hingga seni tari balet klasik. Di tahun 1985 ia memulai perjalanan karirnya di sebuah teater Teater Joyce. Kemudian ia berlanjut beraksi sebagai pemain dalam di film Saturday Night Live. Namun tanggapan dan respon dari beberapa para pengkritik film memberikannya nilai negatif, bahkan cenderung sangat buruk. Setalah itu, ia beberapa kali membintangi film-film yang terbilang sangat standar aatau bisa dibilang di bawah cukup, seperti : Weird Science, Back to School, Less Than Zero, Johnny Be Good, Rented Lips, True Believer, Chances Are, Air America dan Soapdish. 

Hingga pada tahun 1992, kebintangannya mulai muncul lewat film Chaplin, dimana ia memerankan peran utama sebagai Charlie Chaplin. Di film tersebut, ia terlihat sangat lugas dan lihai dalam membawakan karakter Charli Chaplin. Pembawaannya yang sempurna dalam film Chaplin juga tidak lepas dari latihan pribadinya yang dibantu oleh beberapa para ahli seni peran dari beberapa kota di New York. Dengan pembawaan karakter dan akting yang terbilang sempurna, ia di dapuk nominasi Academy Award untuk Aktor Terbaik di Academy Awards ke-65, meskipun pada saat itu kalah dari Al Pacino.  

Dengan prestasinya di film Chaplin, di tahun-tahun berikutnya ia mulai mendapatkan peran yang lebih serius dari beberapa film-film yang cukup berkualitas, seperti : Heart and Souls, Richard III, Home for the Holidays, Restoration, Danger Zone, One Night Stand, The Gingerbread Man, U.S. Marshals, Friends & Lovers dan masih banyak lagi. Namun seakan seperti pepatah “Jatuh di tempat yang sama”, Robert Downey jr. malah menghancurkan karirnya yang susah payah ia bina dengan masalah Narkoba dan Obat-obatan terlarang. 

Hingga Tepatnya di tahun 2003 dia sudah dinyatakan dan menyatakan diri bahwa Robert Downey jr. sudah bebas dan meninggalkan dunia gelap Narkoba dan Obat-obatan terlarang. Salah satu teman artis dan sahabatnya yang membantu Robert Downey jr. dari dunia gelap tersebut yaitu Mel Gibson. Robert Downey jr. menyebutkan bahwa Mel Gibson adalah orang yang memegang dan menarik tangan saya dari jurang kebodohan.

"Dia (Mel Gibson) adalah salah satu orang pertama yang menelepon dan menawarkan tangan persahabatan. Dia mengatakan, 'Hei, selamat datang untuk klub. Mari kita pergi melihat apa yang bisa kita lakukan untuk bekerja pada diri kita sendiri.' " ujar Robert Downey jr.

Dan petualangan puncak kebintangan Robert Downey jr. bermula di tahun 2008, dengan perannya sebagai Tony Strak-Iron Man dalam film Iron Man (2008). Keberhasilan film tersebut membuat namanya melejit sangat tinggi dan langsung saja dicintai oleh jutaan pemirsa film-film layar lebar. Tak hanya itu, Marvel Universe sebagai rumah produksi juga merasakan manis-legitnya kesuksesan dari film Iron Man yang dibintangi oleh Robert Downey jr. tersebut, bahkan dititik itulah Marvel Universe mulai bangkit dari tidur lamanya sejak tahun 80-an.

Karier Robert Downey jr. pun menjadi seolah berubah total dari yang mulanya ia memerankan peran-peran kecil yang bahkan dihina oleh para kritikus-kritikus film, sekarang dirinya menjelma menjadi salah satu aktor paling disegani di Hollywood. Bahkan di tahun 2014 dan 2015 ia telah menduduki puncak daftar Majalah Forbes sebagai aktor Hollywood dengan bayaran tertinggi di dunia.

Dengan seiring besarnya nama Robert Downey jr., ia beberapa kali telah membintangi film-film yang sukses memecah rekor pendapatan mingguan-bulanan-tahunan. Beberapa film-film tersebut tersebut yaitu : The Avengers, Avengers-Age of Ultron dan Iron Man 3, yang dimana masing-masing mendapatkan lebih dari $ 1 miliar (pendapatan kotor) selama tiga tahun berturut-turut. 

Berikut Biografi-Biodata Lengkap dari ROBERT DOWNEY JR.

BIOGRAFI-BIODATA ROBERT DOWNEY JR.

Nama Lengkap
Robert Downey John, Jr.
Tempat lahir
Manhattan, New York, Amerika Serikat
Tanggal Lahir
4 April 1965
Agama
Budha-Yahudi-Kristen
Tinggi badan
172 cm
Berat badan
79 kg
Pendidikan
Santa Monica High School
Orang tua
-        Robert Downey sr. (ayah)
-        Elsie Ann Ford (ibu)
Isteri
Susan Levin Downey
Anak
-       Indio Falconer Downey
-       Avri Roel Downey
-       Exton Elias Downey
Profesi
-       Aktor
-       Produser film
-       Sutradara
Tahun aktif profesi
1970 – sekarang...

Adapun berikut beberapa film-film yang dibintangi oleh Robert Downey jr semasa hidupnya selama berada di dunia akting :

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

0 comments

Posting Komentar