Minggu, 22 November 2020

5 Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Karena belakangan di indonesia sedang mengalami musim hujan, banyak dari teman dan tetangga saya yang mengeluhkan HP yang kemasukan air ketika hujan. Dan sialnya, saya juga mengalami hal yang sama, HP saya kemasukan air hujan dan mati hingga rusak. Berikut beberapa penerapan atau cara mengatasi hp kemasukan air yang perlu kamu ketahui.


Sedikit curhat saya, siapa tahu kejadiannya mirip yang kamu alami (semoga mau menyimak...hehe).
“Pada saat itu sepulang dari rumah temen ane dipertengan jalan itu hujan lebat dan kebetulan gak bawa jas hujan,akhirnya ane putusin langsung saja nekad karena hujannya gak mau berhenti. Lah, sesampainya dirumah (tanpa cek HP) ane langsung mandi terus langsung tidur dah, enak tenan!,heheee. Malamnya ane niat buat cek HP, ehhh alhasil HP errorpower. Mau sih dihidupin, tapi gak mau masuk OSnya (sistem operasi). Dicoba berulang-ulang juga hasilnya sama, nihil gak mau masuk sistem operasinya. Saat itu juga langsung deh ane buka baterai, kartu memory, kartu SIMcard, terus ane kipasin (walaupun terkesan sudah terlambat). Besok paginya ane cek lagi dan hasilnya, enggg ingg enggg... sama nihil!. Akhirnya paginya ane putusin buat kekonter temen deket, katanya lagi repot antri banyak yaudah ane tinggal sambil nunggu kabar. Malem harinya dapet kabar deh dari temen ane itu, dan katanya “besok kekonter deh biar diobrolin disitu”. Lah pas dikonter tuh temen dibilangin kalo HP ane ini mesinnya gak apa-apa selamet bersih (lega deh ane sementara), TAPI dia bilang Memory internalnya kena rusak...langsung kepala gue puyeng, ADUHHH. Secara ane udah tau, pengalaman temen ane yang lain kalo Memory internal udah kena itu ya harus diganti komponennya gak bisa diservis, dan memang biayanya GAK MURAH. Secara ane orang rantau nih, hidup pas-pasan, langsung aja pikiran deh nih kepala. Lama ane mikir-mikir dan yaudah gue putusin buat servis aja dah tu HP dengan pertimbangan, kalo ane gak servis tuh HP pasti melayang gak da harganya jadi sampah (otak dagang...heheee), belum lagi isi dari HPnya banyak akun-akun game yang ane lupa passwordnya heheee. Ane servis, HP nginep 3 hari dan taraaa...jadi deh seperti semula. Walaupun berat bayar 400rb buat servisnya, tapi gak apa-apa lah ikhlasin aja, bisa buat pengalaman kedepannya biar lebih berhati-hati.” Sekian dari kisah saya. :D
Dari pengalaman saya tersebut dapat disimpulkan bahwa air hujan merusak Memory internal saya meskipun mesin masih dalam keadaan bersih. Semoga ini bisa menjadi pelajaran dan edukasi bagi kalian yang memabaca agar tidak menyepelekan hal ini karena akan dibayar mahal dikemudian harinya.
Handphone atau smartphone yang kemasukan air hujan akan sangat mudah merusak mesin dan komponen yang ada didalam karena kandungan airnya yang asin (beda dengan air tawar/biasa). Air asin bisa dengan cepat menimbulkan korosi (teyeng) pada benda-benda yang berbahan besi, seng,dll. Dimana yang kita ketahui teknologi elektronik tidak terlepas dari bahan-bahan seperti itu. Disamping itu ada beberapa kerusakan-kerusakan lain yang dapat timbul pada saat HP atau smartphone kamu kemasukan air. seperti

Akibat HP dan Smartphone kemasukan / terkena air

-  Hang saat turn ON
-  Mesin konslet
-  LCD mati
-  PAD layar tidak berfungsi 
-  Tombol samping rusak
-  Port USB, Headset,dll error
-  Komponen mesin berkorosi (teyeng)     

Dengan beberapa akibat yang dapat ditimbulkan dari terkenanya HP atau smartphone oleh air hujan, maka perlunya tindakan cepat dan bijak sesegera mungkin sebelum terlambat. Berikut beberapa langkah pencegahannya, menurut ahli-ahli dan teman-teman yang sangat paham juga berpengalaman seputar elektronik, khususnya HP ataupun Smartphone. 

Mencegah HP rusak akibat terkena air hujan

1.  Jangan mengaktifkan HP saat keadaan masih basah
Sangat dilarang keras untuk mengaktifkan HP atau smartphone saat masih dalam keadaan basah. Karena akan memungkinkan terjadinya konslet pada mesin dan komponen-komponen HP atau smartphone.

2.  Segera mengeringkan HP atau smartphone
Langkah yang harus kamu lakukan saat HP terkena air yaitu dengan mengeringkan bagian luar dan bagian dalam HP atau smartphone tersebut. Gunakan kipas angin atau hairdryer untuk mengeringkannya, dan alangkah baiknya lagi dijemur pada terik matahari panas.
  
3.  Lepas komponen-komponen dari perangkat
Lepas beberapa komponen-komponen seperti baterai, SIMcard, dan kartu memory. Hal ini sangat diperlukan karena memang komponen-komponen tersebut (baterai, SIMcard, kartu memory) teraliri oleh listrik yang sangat riskan terjadinya konslet. Disamping itu, dengan melakukan langkah ini maka akan mengurangi kerusakan lain seperti korosi (teyeng pada logam) karena memang dibagian tersebut biasanya berbahan logam kuning yang sangat mudah berpotensi terjadinya korosi.  

4.  Larikan ke ahlinya (servis HP atau smartphone)
Jika memungkinkan maka langsung saja kamu larikan ke tempat-tempat servis HP atau smartphone. Ahli servis HP tentu akan dengan tepat dalam menganalisa jika ada masalah-masalah yang timbul. Hal ini juga dapat meminimalisir sebelum kerusakan semakin parah.
  
5.  Gunakan pelindung karet (k*ndom HP) sebagai pencegahan
Sebagai pencegahan, bisa dilakukan dengan kamu memberi pelindung karet pada HP atau smartphone kamu. Pelindung karet ini sudah banyak dijual ditoko-toko perlengkapan Handphone dan smartphone.   

Yang sangat menjadi perhatian sebelum kerusakan HP atau samrtphone akibat air hujan terjadi yaitu jangan sampai memaksakan melakukan pengaktifan HP karena itu akan langsung memicu terjadinya konslet pada komponen-komponen dalam yang sulit dilihat.


ARTIKEL TERKAIT :
-> 5 Cara Menghilangkan dan Mengatasi KARAT (Karatan)
-> Sejarah Lengkap : MENARA EIFFEL
-> TOP 10 PERMAINAN TRADISIONAL yang hilang ditelan zaman
-> TOP 6 Komentator SEPAKBOLA INDONESIA Terpopuler


Demikian info mengenai HP kemasukan air dari Bang Isman, semoga ilmu dan pengalaman yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa.

0 comments

Posting Komentar