Selasa, 15 Mei 2018

5 Cara Mengatasi dan Menghilangkan KARAT (Karatan)

Karat atau karatan adalah suatu kejadian dimana logam atau besi mengalami reaksi korosi permukaan dari proses Oksidasi secara alami. Dimana memang ada banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya karat (karatan) pada besi dan logam, seperti : faktor alam (air hujan), faktor lingkungan (daerah gersang), faktor cuaca, dan faktor penggunaan (perawatan). 


Besi dan logam yang berkarat secara otomatis akan mengurangi kekuatan kepadatannya, yang dimana hal itu akan mengakibatkan kerapuhan, sangat mudah larut, dan bahkan bersifat toxicity (beracun). Dalam beberapa kasus, hal ini tentu berbahaya dan merugikan, contohnya pada fondasi atau penyangga jembatan, tiang besi, kunci, rantai motor, lempeng chasis mobil dan masih banyak lagi.

Adapun beberapa dalam mengatasi dan menghilangkan karat pada besi atau logam yang terbukti ampuh adalah sebagai berikut : 

5 Cara Mengatasi Karat (Karatan)

1.  Menggunakan Cuka
Cuka memiliki kandungan zat asam yang terbukti cukup ampuh dalam menghilangkan sekaligus membasmi kotoran, bakteri dan mikroba penyebab karat (karatan). Adapun jenis cuka yang paling ampuh dalam mengatasi dan menghilangkan karatan yaitu Cuka Putih. Selain harganya yang murah dan terjangkau, Cuka juga sangat mudah ditemukan di toko-toko makro maupun mikro. Penggunaannya pun terbilang sangat simpel.

Cara Menggunakannya :
> Langsung saja berikan cuka pada bagian besi atau logam yang sudah mengalami karat (karatan). 
> Diamkan selama 1-2 jam. 
> Setelah itu bilaslah menggunakan air bersih supaya bau dari cuka-nya hilang.   

2.  Menggunakan Lemon dan Garam
Kandungan Asam pada Lemon juga sangat berguna dalam mengatasi karat (karatan), terlebih Asam yang berasal dari Lemon merupakan Asam nabati yang secara ilmiah 100% sangat aman, dengan kata lain tidak akan mungkin merusak elemen dari besi dan logam itu sendiri. Adapun untuk hasil yang lebih optimal campurkan juga Garam di dalamnya sebagai larutan.

Cara Menggunakannya : 
> Campurkan 1/2 sendok teh garam dan 1 buah Lemon segar.
> Tambahkan sedikit air sekitar 50 ml untuk melarutkan garamnya.
> Kemudian Oleskan cairan tersebut ke bagian besi atau logam yang terkena karat.
> Diamkan selama 1 jam.
> Kemudian bilaslah menggunakan air bersih untuk menghilangkan bau dan aroma dari lemon dan garam tersebut.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

0 comments

Posting Komentar