Kamis, 08 Maret 2018

11 Manfaat SUMSUM TULANG SAPI menurut pakar Nutrisionist

Belakangan ini banyak sekali restoran atau tempat-tempat kuliner makanan yang menyediakan menu Sumsum Tulang Sapi sebagai bahan dasarnya. Adapun beberapa olahan Sumsum tulang sapi yang biasa dimasak antara lain seperti : Sup sumsung tulang sapi, Bakso Sumsum tulang sapi, Tengkleng Sumsum tulang sapi, Opor Sumsum tulang sapi, dan masih banyak lainnya. Selain memiliki rasa yang enak dan lezat, sumsum tulang sapi juga memiliki segudang manfaat yang sangat bagus bagi kesehatan otak, mata, jantung, hati, tulang gigi dan organ-organ tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan di dalam sumsum tulang sapi terkandung berbagi macam gizi dan nutrisi. 


Perlu kamu ketahui bahwa di dalam sumsum tulang sapi terkandung beberapa gizi dan nutrisi seperti : Kalsium, Magnesium, Potassium, Zat Besi, Protein, Karbohidrat, Omega-3, Omega-6, Fosfor, Lemak, Niasin, Thiamin, Riboflavin, dll. Dimana kombinasi kandungan-kandungan tersebut sangat bagus bagi kesehatan tulang, otak, mata, kulit, gigi, dan gusi. 

Pada suatu temuan yang dilakukan oleh seorang pakar hipotesis tulang dan kanker asal Stockholm, Swedia Dr. Astrid Brohult M.sc disebutkan bahwa, Sumsum tulang sapi sangat bagus bagi anak-anak yang sedang mengidap Leukimia. Ternyata setelah diteliti lebih lanjut, ini dikarenakan sumsum tulang sapi mengandung senyawa bernama Alkilgliserol atau biasa disebut AKG. Dimana senyawa AKG ini memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan sel darah putih dalam tubuh yang langsung akan berdampak pada rangsangan penyembuhan Leukimia.

Sedangkan menurut salah seorang dokter dan pakar integratif fungsional, Dr. Frank Lipman M.D menyatakan bahwa, Kaldu tulang terbukti secara ilmiah bermanfaat bagi setiap aspek di dalam tubuh salah satunya adalah permukaan kulit. Sebab, kaldu tulang mengandung Gelatin dan Kolagen. Dimana kedua kandungan tersebut sangat aktif dalam menjaga terpenuhinya nutrisi yang dibutuhkan kulit. 

"Kaldu tulang dapat menutrisi jaringan Epidermis, Dermis, dan lapisan yang mendasari jaringan ikat kulit dari dalam ke luar dengan Kolagen dan Elastin serta membantu memperhalus garis pada kulit dan menyembuhkan luka pada kulit," ujarnya.

Adapun berikut beberapa khasiat dan manfaat sumsum tulang sapi menurut penelitian dari para pakar nutrisionist.

11 Manfaat dan Khasiat menakjubkan SUMSUM TULANG SAPI

1.  Mencegah Osteoporosis
Para ilmuwan dari USDA (United State Department of Agriculture) mengungkapkan bahwasanya, Kandungan Kalsium, Fosfor, Magnesium dan Zat besi pada sumsum tulang sapi dipercaya sangat bagus dalam menutrisi dan menjaga kesehatan struktur jaringan tulang. Selain itu, kandungan zat aktif yang ada pada sumsum tulang sapi juga terbukti secara ilmiah dapat mencegah serta mengatasi masalah kepadatan struktur tulang, salah satunya yaitu Osteoporosis (penyakit pengeroposan tulang).

2.  Mencegah Resiko Diabetes
Sebuah temuan yang dilansir dalam Journal Cell Metabolism tahun 2014 membuktikan bahwa, Jaringan-jaringan Lemak yang terdapat pada sumsum tulang (sapi, kambing, ayam, dll) bisa dijadikan sebagai sumber Hormon Adiponektin bagi tubuh manusia. Dimana Hormon Adiponektin ini adalah hormon yang memiliki kemampuan utama dalam mengontrol tingkat kadar gula tubuh supaya tidak meningkat secara signifikan, sehingga resiko penyakit berbahaya seperti Diabetes tidak mudah muncul.  

3.  Melawan Kanker (Leukimia)
Pada suatu temuan yang dilakukan oleh seorang pakar hipotesis tulang dan kanker asal Stockholm, Swedia Dr. Astrid Brohult M.sc, menemukan bahwa, Sumsum tulang sapi sangat bagus pada anak-anak pengidap Leukimia. Ternyata setelah diteliti lebih lanjut, ini dikarenakan sumsum tulang sapi mengandung senyawa bernama Alkilgliserol atau biasa disebut AKG. Dimana senyawa AKG ini memiliki kemampuan untuk menjaga keseimbangan sel darah putih dalam tubuh yang langsung akan berdampak pada rangsangan penyembuhan Leukimia.

4.  Meningkatkan kinerja Otak 
Para ahli gizi dan nutrisi sepakat bahwa kandungan Kalsium dan Omega-3 pada sumsum tulang sapi, khususnya sumsum tulang sapi bagian belakang sangat bermanfaat dalam menutrisi sel-sel saraf otak. Kedua kandungan tersebut secara alami bersinergi aktif membangkitkan, mengembangkan dan meningkatkan fungsi kognitis otak dalam berfikir.

5.  Mencegah Resikio Anemia
Pada suatu penelitian ilmiah juga menemukan bahwa, Kandungan Zat Besi (Fe) pada sumsum tulang sapi bisa digunakan sebagai Suplemen aktif yang berguna dalam mengurangi resiko terjadinya Anemia (kurang darah) pada seseorang. Selain itu, dengan tingginya kandungan Zat besi pada sumsum tulang sapi, hal tersebut akan membantu memperlancar sistem sirkulasi darah ke seluruh organ tubuh.

6.  Meningkatkan Sistem Imun
Temuan yang dilakukan oleh Dr. Astrid Brohult M.D asal kota Stockholm, Swedia juga menemukan bahwa, Dengan adanya senyawa AKG-Alkilgliserol yang terdapat pada sumsum tulang sapi juga sangat berguna dalam menjaga sistem imunitas (sistem kekebalan tubuh) seseorang melalui pengoptimalan fungsi kerja darah putih yang ada pada setiap manusia.

7.  Mencegah Penuaan Dini
Secara ilmiah Zat Kolagen yang terkandung dalam sumsum tulang sapi terbukti sangat bagus dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit agar tetap tampak awet muda. Dengan terpenuhinya asupan Kolagen dalam tubuh maka kulit kamu akan nampak terlihat lebih kenyal, halus, cerah, dan putih bersinar. 

8.  Menguatkan Sendi-sendi tulang
Seperti yang telah diungkapkan oleh lembaga hitungan data gizi dan nutrisi dunia USDA (United State of Departement Agriculture) SR-12 bahwasanya, Di dalam sumsum tulang sapi terkandung juga Kolagen dan Glukosamin. Dimana memang kedua zat ini sudah dikenal sebagai zat yang sangat handal dalam menjaga struktur sendi-sendi tulang agar selalu kuat dan fleksibel. Selain itu, kedua zat ini juga bisa dijadikan sebagai “obat” dalam mengatasi masalah-masalah persendian, salah satunya seperti penyakit Arthrithis (nyeri sendi).

9.  Menambah Tinggi badan
Bagi seseorang yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat disarankan untuk sesekali mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung Kalsium tinggi, salah satunya sumsum tulang sapi ini. Karena memang di dalam sumsum tulang sapi terkandung Kalsium, Selenium, Fosfor dan Magnesium yang bermanfaat dalam menutrisi tulang, sehingga tumbuh kembang tulang menjadi lebih optimal dan maksimal. 

10.  Menyembuhkan luka dengan lebih cepat
Manfaat lain yang bisa ditawarkan dari kandungan AKG (Alkilgliserol) di dalam sumsum tulang sapi yaitu mempercepat proses penyembuhan luka. AKG akan merangsang Sel darah putih agar bekerja secara optimal dalam proses penyembuhan luka.

11.  Melancarkan sistem pencernaan  
Dalam suatu temuan ilmiah disebutkan bahwa, Di dalam sumsum tulang sapi terdapat kandungan Zat Gelatin alami. Dimana kandungan Zat Gelatin ini merupakan zat yang cukup unik dan memang telah terbukti secara ilmiah dapat mengatasi berbagai permasalahan kesehatan pada usus dan lambung, salah satunya masalah Sembelit (susah buang air besar).


ARTIKEL TERKAIT :
-> 14 Manfaat BIJI SELASIH menurut pakar Nutrisionist
-> 14 Manfaat BIJI MAHONI menurut pakar Nutrisionist
-> 11 Manfaat CHIA SEED menurut pakar Nutrisionist
-> 11 Manfaat BUAH SALAK Bagi Kesehatan Tubuh


Demikian Info lengkap mengenai 11 Manfaat SUMSUM TULANG SAPI menurut pakar Nutrisionist dari Bang-Isman. Silahkan SHARE (Bagikan) artikel ini supaya lebih bermanfaat, Terima kasih.

0 comments

Posting Komentar