Kamis, 01 Juni 2023

Olahraga Malam Berbahaya menurut pakar Fisioterapist

Beberapa dari kalian pasti masih terngiang dengan kejadian yang menimpa salah satu artis sekaligus anggota DPR yang meninggal dunia akibat serangan jantung setelah ber-olah raga di malam hari yaitu Adjie Massaid. Dengan kejadian ini, banyak sekali opini dari masyarakat yang menganggap bahwa olahraga malam itu-lah yang menyebabkan kematian salah seorang artis yang sempat melejit namanya itu. Padahal jika kita kaji dan teliti, olahraga malam sama sekali bukan-lah faktor seseorang bisa meninggal dunia. Para pakar olahraga dan fisioterapist sendiri telah menemukan beberapa fakta dan mitos mengenai apakah olahraga malam bisa membahayakan kesehatan?.


Perlu kamu ketahui terlebih dahulu bahwa baik olahraga di waktu pagi hari dan olahraga di waktu malam hari, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dari segi khasiat. Tapi memang banyak dari para pakar kesehatan dan pakar medis olahraga yang lebih menyarankan untuk memilih pagi hari sebagai waktu yang lebih baik untuk berolahraga. Kenapa para ahli dan pakar kesehatan lebih menganjurkan olahraga di pagi hari dari pada di malam hari...? 

Pertama : Ini karena waktu di pagi hari adalah waktu tubuh memiliki energi yang masih Fresh dan lebih bugar, beda halnya pada saat malam hari ketika energi tubuh kita sudah cukup terpakai dalam kegiatan seharian. 

Kedua : Khususnya olahraga pagi hari di luar rumah sangat bermanfaat dalam menambah asupan Vitamin D bagi tulang dan tubuh kita secara keseluruhan.

Ketiga : Membangkitkan fungsi otak. Suatu studi penelitian yang dilakukan Nihon Fukushi University di Handa, Jepang mengungkapkan bahwa dengan berolahraga pagi, hal itu mampu mempengaruhi kecerdasaan otak seseorang. Mereka mengungkapkan bahwa orang yang rutin berolahraga di pagi hari memiliki intelektualitas yang lebih tinggi.

Seorang pakar kesehatan dari American College of Sport Medicine yaitu Dr. Lara Carlson, PhD berujar, "Untuk penurunan berat badan memang sedikit kontroversial, tetapi ada studi lain yang membandingkan olahraga pagi dan sore hari. Ternyata mereka yang berolahraga pagi memiliki tekanan darah lebih rendah dan tidur lebih nyenyak,".

Seorang pakar kesehatan gizi dan Nutrisi terkenal Dr. Jansen Ongko, MSc, RD juga ikut mengomentari mengenai antara olahraga pagi dan olahraga malam, “Pastikan saja untuk beristirahat terlebih dahulu kalau badan sudah terasa lelah karena habis pulang sekolah atau les misalnya. Jangan memaksakan diri langsung olahraga karena dapat membahayakan kesehatan,”.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

0 comments

Posting Komentar