Kamis, 01 Juni 2023

Kenapa Pemain Tennis Makan Pisang saat istirahat menurut pakar Nutrisionist

Mungkin bagi para penggemar olahraga tennis tentu sudah sangat familiar dengan pemandangan seorang pemain tennis memakan buah pisang di saat jeda pertandingan. Tapi yang jadi pertanyaan adalah : Kenapa “HANYA” buah pisang saja yang dikonsumsi oleh pemain tennis? Kenapa bukan jeruk, apel, mangga, atau buah lainnya? Memangnya apa khasiat dan manfaat buah pisang untuk pemain tennis saat jeda pertandingan (waktu istirahat)?


Sebuah penelitian di Colorade State University , Amerika Serikat menemukan bahwa pisang sangat kaya akan kandungan POTASIUM, dimana Potasium tersebut sangat efektif dalam meningkatkan fungsi otot, menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, dan juga bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi saraf.

Selain itu, ada juga beberapa alasan lain kenapa semua pemain tennis selalu “mengandalkan” buah pisang untuk dikonsumsi saat jeda pertandingan. Berikut ulasan lengkapnya :

Alasan kenapa Pemain Tennis selalu MAKAN BUAH PISANG pada saat jeda pertandingan

1. Buah Pisang memiliki kandungan Karbohidrat yang cukup tinggi. Dan istimewa-nya, karbohidrat buah pisang paling cepat diserap tubuh dari pada makanan dan buah lainnya, oleh karena itu untuk mempersingkat pemulihan tenaga mereka memilih untuk memakan pisang.

2. Gerakan-gerakan di olahraga tennis sangat membutuhkan kekuatan otot yang powerfull (sangat kuat) dan juga fleksibel. Pisang memiliki kandungan Potasium didalamnya, kandungan itulah yang dibutuhkan otot dan saraf seorang pemain tennis dalam bertanding.

3. Pemain Tennis mengandalkan Buah Pisang sebagai pengganti pangan “instant”, namun 100% sehat dan aman tentunya bagi tubuh. Satu buah pisang ukuran sedang dapat menyediakan 3mg zat mangan, sementara orang dewasa hanya membutuhkan 1,8 hingga 2,3mg zat mangan saja per hari-nya. 

4. Buah pisang juga memiliki kandungan Glukosa, dimana glukosa ini juga berperan dalam menjaga ketahanan tenaga fisik secara keseluruhan. 

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

0 comments

Posting Komentar