Minggu, 22 November 2020

Benarkah WARNA LABEL di bawah Kemasan Pasta Gigi memiliki Makna Tertentu?

Tidak hanya saya, mungkin kalian juga penasaran tentang apa arti dari warna label yang tertera dibagian bawah kemasan pasta gigi. Awal mulanya saya heran kenapa ada beberapa produk pasta gigi yang memiliki warna hitam dibagian bawah kemasannya, ada juga yang berwarna biru, ada juga yang berwarna merah dan ada juga yang berwarna hijau pekat.

Namun dari info-info dan beberapa searching yang saya temui. Ternyata, warna dibagian bawah kemasan pasta gigi itu TIDAK MEMPUNYAI MAKNA APA-APA, melainkan hanya sebagai “Eye Mark”. Apa itu “Eye Mark”...?, "Eye Marks” atau “Eye Spots" adalah tanda kemasan yang berbentuk persegi/persegi panjang yang berada di bagian bawah kemasan produk. Eye Mark ini sama sekali tidak bisa dijadikan sebagai acuan dalam mengindikasikan kandungan bahan kimia suatu produk, entah apapun warna yang digunakan. Jadi jika ada artikel yang mengatakan bahwa “Biru : berbahan Alami + Obat, Hijau : berbahan Alami, Merah : berbahan Alami + Komposisi Kimia, Hitam: Murni Kimia”, ini sepenuhnya HOAX (TIDAK BENAR)

"Terus terang hal tersebut (kode warna) belum pernah saya kenal" kata Dra. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc, Professional Relationship Manager Oral Care Unilever, dan pemegang merek Pepsodent, saat dikonfirmasi detikHealth, seperti ditulis Senin (26/8/2013).

"Semua pasta gigi yang beredar di Indonesia, semuanya pasti sudah lewat persetujuan BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan),  jadi tentu saja aman untuk dipakai sehari-hari" lanjut Dra. Ratu Mirah.


Warna label di bawah kemasan Pasta Gigi disebut "EYE MARK"  

Adapun "Eye Mark" sendiri difungsikan agar mesin perangkat pengemasan dapat mengidentifikasi suatu produk yang akan dikemasi, menunjukkan bagian mana yang harus dipotong dan di-crimp (dikompres atau disegel). Banyak produk yang menggunakan "Eye Mark" selain pasta gigi, walaupun tidak terlihat secara kasat mata oleh konsumen, seperti (warna yang terlihat jelas) pada tube

Jika kamu ingin mengetahui kandungan produk yang anda gunakan, maka silahkan baca pada tabel detail yang ada pada bagian ingredients saja, atau informasi lebih lengkap bisa anda dapatkan dari website maupun informasi produk perusahaan pembuatnya BUKAN DENGAN MELIHAT warna label tersebut, karena itu memang “Salah Kaprah”.

Sedangkan untuk warna sendiri, "Eye Mark" ini biasanya diprint dengan menggunakan warna yang sama (atau dominan) yang digunakan untuk mencetak tulisan pada tube kemasan.

Oleh karenanya sebagai konsumen yang bijak, kita dituntut untuk pintar dan cerdas dalam mencerna suatu informasi, disamping kita menelaah sedikitnya pengetahuan tentang produk yang akan kita gunakan.


ARTIKEL TERKAIT :
-> 11 Manfaat PARE menurut pakar Nutrisionist
-> 14 Manfaat BIJI SELASIH menurut pakar Nutrisionist
-> 11 Manfaat MASKER TOMAT Bagi Kulit Wajah
-> 11 Manfaat BUAH SALAK Bagi Kesehatan Tubuh


Demikian info lengkap mengenai  Benarkah WARNA LABEL di bawah Kemasan Pasta Gigi memiliki Makna Tertentu? dari Bang isman, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa.

0 comments

Posting Komentar