Selasa, 08 Desember 2020

Fakta dan Kisah Inspiratif OPRAH WINFREY

Siapa yang tidak mengenal HOST kelas dunia yang satu ini, YA Oprah Winfrey. Ia adalah pemandu acara (Host) di acara Talkshow yang begitu fenomenal The Oprah Show. Dengan segala kepandaian, keahlian, profesionalisme terhadap pekerjaan, dan segudang pengalaaman yang sudah pernah dialaminya, membuatnya menjadi sosok pembawa acara yang luarbiasa, penggemarnya pun sudah dikatakan men-dunia. Hingga saat ini acara Talkshow-nya yang berjudul The Oprah Show menjadi salah satu acara Talkshow paling laris yang sangat digemari penonton di berbagai belahan dunia. Dengan segala kesuksesannya itu, Oprah Winfrey bahkan dinobatkan sebagai salah satu dari “100 Orang Paling Berpengaruh Di dunia” versi Majalah TIME. Tidak hanya itu, kini ia tercatat sebagai salah satu miliarder dunia, kekayaannya tercatat mencapai 2,7 Milliar (Forbes).


Namun di balik segala kesuksesan yang diraihnya sekarang banyak orang yang tidak tahu betapa tragis dan mencekamnya kehidupan Oprah Winfrey ini. Simak ulasan lengkapnya berikut ini :

Fakta dan Kisah Inspiratif Oprah Winfrey

1.    Pada awal kelahiran, ibunya memberi nama asli “Orpah Gail Winfrey” sesuai dengan salah satu isi alkitab, namun karena seorang bidan yang mencatat kelahirannya tidak dapat mengeja dengan baik maka berubah nama menjadi “Oprah Gail Winfrey”. Hingga saat ini nama tersebut dibiarkan menjadi seperti itu adanya (Oprah Winfrey). Ayah dan ibunya merupakan keturunan Afro-American (Afrika-Amerika).

2.    Oprah Winfrey lahir dari pasangan yang memiliki ekonomi kecil-menengah. Selain itu, kondisi keluarga yang serba carut marut dan bermasalah membuatnya menjadi anak yang tidak terurus, nakal dan susah diatur. Bahkan beberapa kali ia mengalami guncangan mental yang luarbiasa sehingga ia sering kabur dan pergi dari rumah.

3.    Setelah ayah dan ibunya bercerai ia dititipkan oleh neneknya Hattie Mae, ia diurus dan diasuh di kawasan peternakan selama 6 tahun. Namun tidak serta merta semuanya berjalan membaik, neneknya juga memiliki sifat dan watak keras dan mengasuh si Oprah kecil.

4.    Ketika usianya menginjak 6 tahun, Oprah Winfrey diambil kembali oleh ibunya dari neneknya. Pada saat itu ibunya sedang mendapatkan pekerjaan baru di Milkwaukee, Wisconsin sebagai pembantu oleh karena itu ia mengajak Oprah Winfrey kembali. Di Milkwaukee ia tinggal bersama ibunya, dan dua saudara tirinya. Vernitta (ibu kandung Oprah) selalu pergi di pagi hari dan pulang di malam hari yang menyebabkan ia tidak memiliki waktu untuk mengurus keluarganya.

5.    Saat usianya menginjak 9 tahun ia mengalami kejadian yang sangat kelam dan mencekam. Oprah kecil mengalami pelecehan seksual dari sepupunya yang berusia 19 tahun bersama teman-temannya secara berulang kali. Kejadian memilukan itu pun menyebabkan dirinya mengalami hamil di usai yang terbilang masih kecil, hingga ia pun menanggung malu yang teramat berat. Kepedihannya pun sangat memukul mental seiring berjalannya waktu dari hari kehari. Dan bagian terburuknya pun dialami saat dirinya menginjak usia 14 tahun, ia hamil dan melahirkan seorang bayi. Namun tidak lama riwayat hidup dari bayi tersebut, pada usia yang baru menginjak ke 2 minggu bayinya meninggal dunia.

6.    Karena ibunya merasa tidak mampu mengurus Oprah muda dengan baik, akhirnya ia dikirim kepada ayahnya yang pada saat itu berada di Nashville. Ayahnya memang juga terkenal memiliki sifat yang keras, namun sifat kerasnya itu “semata-mata” hanya menginginkan sesuatu yang baik bagi Oprah itu sendiri, ayahnya sama sekali tidak mau menerima nilai jelek, ia hanya menginginkan nilai A (sempurna). Kerasnya ajaran dan didikan yang diberikan ayahnya sempat membuat Oprah muda ketakutan, namun dengan pikiran yang jernih dan bijak ia pun menyadari akan maksud dibalik kerasnya ajaran dan didikan ayahnya.

Seketika itu juga ia terus berkembang dan mulai mengeluarkan bakat kemampuan sebenarnya. Kepandaian dan kecerdasan otak membuatnya semakin melejit dalam meniti kesuksesan langkah demi langkah. Disinilah titik kebangkitan dari OPRAH WINFREY bermulai. 

7.    Pada saat remaja, Oprah Winfrey sempat diundang ke Gedung putih karena terpilih sebagai siswi teladan di bangku sekolahnya. Ia juga mendapatkan beasiswa untuk menempuh jenjang perguruan tinggi.

8.  Pada saat usia 16 tahun Oprah Winfrey sempat menempuh perjalanan ke Los Angeles dan menjadi pembicara di suatu gereja. Selain itu, ia juga pernah mengikuti kontes kecantikan dan pada setelah itu juga ia mulai mendapatkan sorotan publik

9.  Oprah Winfrey memperoleh pekerjaan pertamanya di usia 17 tahun sebagai penyiar berita di suatu stasiun radio lokal. Bayaran pertamanya sebesar $100 setiap minggu, bagi siswa sekolah menengah nominal tersebut sudah terbilang sangat mencukupi.

10.  Bakatnya menjadi pemandu acara semakin tercium pada saat dirinya dipromosikan sebagai pendamping pemandu acara Talkshow yang saat itu merupakan salah satu acara Talkshow yang cukup menarik yaitu People Are Talking.

11.  Di tahun 1984 Oprah ditawarkan membuat sebuah acara Talkshow dengan label nama dirinya sendiri, THE OPRAH SHOW.

12.  Bermula di tahun 1984, acaranya “The Oprah Show” langsung menyedot banyak perhatian dari penonton televisi. Pada tahun itu juga The Oprah Show menjadi acara Talkshow nomor 1 di dunia, tidak kurang dari 48 juta pemirsa setiap minggunya yang disiarkan secara “internasional” di 126 negara.

Acaranya (The Oprah Show) sarat dengan nilai kemanusiaan, sosial, moralitas, pendidikan. Ia juga  sangat memegang teguh prinsipnya dalam setiap membawakan acaranya yaitu KEPEDULIAN, KEBERSAMAAN, dan KESAMAAN antara manusia.

13.  Di tahun 2000, Oprah mengembangkan karyanya dengan meluncurkan majalah O, The Oprah Magazine. Dan lagi-lagi pada tahun itu juga majalahnya sukses besar, majalah tersebut tercatat sebagai majalah dengan penerbitan sebanyak 2,3 juta pembaca setiap bulannya (disesuaikan dengan sirkulasi).

14.  Oprah Wenfrey membangun sekolah khusus anak-anak perempuan di Afrika yang berasal dari harta kekayaannya dan juga dari para sumbangan pemirsanya (acara televisinya). Berlokasi di kota Henley-On-Klip, Johannesburg, Afrika Selatan. Sekolah ini sudah diresmikannya pada tahun  2007 lau. “Dengan memberi pendidikan yang baik bagi anak-anak perempuan ini, kita akan memulai mengubah bangsa ini” kata Oprah Winfrey.

Perjuangan keras dan sederet pengalaman pahit yang dialami Oprah Winfrey mungkin sedikit membuat orang bertanya-tanya apakah bisa seseorang bisa begitu mampu melewatinya. Namun mental sekuat baja, kegigihan, tekad dan keinginan besar yang dimilikinya dapat membalikan segala nasib buruknya yang dulunya terkenal sangat kelam dan mencekam.


ARTIKEL TERKAIT :
-> 5 Cara Menghilangkan dan Mengatasi KARAT (Karatan)
-> Sejarah Lengkap : MENARA EIFFEL
-> TOP 10 PERMAINAN TRADISIONAL yang hilang ditelan zaman
-> TOP 6 Komentator SEPAKBOLA INDONESIA Terpopuler



Demikian Biografi lengkap mengenai FAKTA dan Kisah Inspiratif Oprah Winfrey dari Bang isman, semoga yang sedikit ini ada manfaatnya bagi kalian pemirsa.

0 comments

Posting Komentar