Kamis, 13 April 2017

Sejarah singkat patung SPHINX

Patung Sphinx merupakan salah satu kebudayaan modern dimasanya, dan merupakan kawasan wisata yang paling diminati oleh para turis-wisatawan. Asal muasal nama yang digunakan oleh masyarakat Mesir Kuno untuk menyebut patung ini sama sekali tidak diketahui. Nama Sphinx atau "sfinks" diambil dari nama makhluk mitologi Yunani, yang dimana raja Fir'aun pada waktu itu memang sengaja mengambil kosa kata dari "negerinya para dewa" tersebut (Yunani). Makhluk ini menggambarkan sosok yang mempunyai tubuh seekor singa dan kepala seorang wanita, dan sayap seperti seekor elang.


Sejarah
Patung SPHINX merupakan salah satu situs peninggalan dunia yang paling bersejarah, dimana bangunan patung bersejarah terletak di dataran Giza, Mesir. Bangunan SPHINX dibangun oleh pemerintahan dinasti keempat Mesir sejak tahun 2723 SM sampai 2563 SM. Ada beberapa cerita yang berbeda mengenai pembangunan patung SPHINX ini, namun yang pasti bahwa bangunan ini merupakan salah satu bangunan yang paling fenomenal yang pernah dibangun di dunia.


Bentuk
Bentuk pahatannya menyerupai wajah Fir’aun dinasti keempat Khafra dengan lambang ular kobra di dahi. Motif pahatan pada wajahnya terlihat seperti kain kepala dibagian telinganya yang sangat nampak dengan ular kobra (ular sendok). Memang pada masa kepemerintahannya, pakaian sehari-hari raja Fir’aun mengenakan ornamen yang menyerupai ular kobra di bagian telinganya.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

0 comments

Posting Komentar