14 Manfaat BIJI SELASIH menurut ahli gizi dan nutrisi

Biji selasih (bahasa latin : Ocimum) adalah jenis biji-bijian tropis yang berasal dari buah selasih, dimana biasanya biji selasih ini dimanfaatkan sebagai pelengkap minuman, jus, pudding ataupun es buah. Biji selasih sendiri memiliki rasa manis asam-menyegarkan dan memiliki bentuk yang kecil-kecil menggelimang. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, namun khasiat dan manfaat biji selasih terbilang sangat bagus kesehatan tubuh, terutama bagi organ-organ vital seperti jantung, hati, mata, otak, ginjal, dll.


Kandungan nutrisi dari biji selasih sendiri sangat variatif dan bermacam, beberapa kandungan yang terdapat pada biji sekasih antara lain : Protein, Zat besi, Kalsium, Potassium, Magnesium, Vitamin C, Vitamin A, Vitamin E, Fosfor, Thiamin, Riboflavin, dan Niasin. 

Salah seorang pakar cardiologist dari Associate Professor of Epidemiology & Department of Epidemiology Huntington Avenue, Boston-Massachusetts Prof. Dr. Dariush Mozaffarian Ph.D, MND, mengemukakan berdasarkan penelitiannya bahwa, Manfaat biji selasih sebagai penunjang daya stamina fisik seseorang memiliki peran sangat besar. Dimana jika seseorang mengonsumsi setidaknya 50 ml air biji selasih bisa dipastikan ketahanan stamina fisiknya dapat terjaga selama 1 hari dengan penuh aktifitas.

Namun menurutnya, pengonsumsian dari biji selasih ini tidak dianjurkan untuk terlalu berlebihan atau terlalu banyak, khususnya bagi para penderita maag. Karena memang kandungan zat asam pada biji selasih tergolong cukup tinggi, yang dimana hal ini dapat beresiko memperparah luka di bagian organ lambung akibat penyakit maag. 

Hasil riset ilmiah yang telah dipublish pada Journal of Nutrition and Food Sciences tahun 2010, telah dinyatakan bahwa, Biji selasih merupakan jenis biji-bijian yang boleh dikonsumsi manusia karena kandungan zat-zat aktifnya yang mudah larut, berbeda dengan biji-bijian jenis lainnya. Bahkan dengan mengonsumsi biji daun selasih hal tersebut dipercaya bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena memang pada dasarnya biji selasih memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin A, dan Zat besi yang begitu tinggi.

Sedangkan menurut salah seorang ilmuwan dari The Netherlands Nutrition Science Academy Voedingswetenschapper (WUR) Prof. Dr. Hinke Haisma M.Sc, menyebutkan dalam penelitiannya bahwa, Khasiat dan manfaat biji selasih bagi kesehatan tubuh adalah salah satu yang paling menakjubkan jika dibandingkan dengan biji-bijian lainnya, terkhusus bagi kesehatan organ mata dan sel-sel saraf sekitarnya. Ia berujar :

“Manfaat biji selasih sebagai penyedap rasa dan pemanis buatan alami dipercaya sangat baik bagi kesehatan organ mata dan sel-sel saraf sekitarnya. Di samping itu, manfaat biji selasih yang memiliki segudang kandungan gizi dan nutrisi juga sangat cocok sebagai pelengkap kebutuhan asupan nutrisi seseorang,” ujarnya.

Adapun berikut beberapa khasiat dan manfaat biji selasih bagi kesehatan tubuh menurut penelitian dari para pakar nutrisionist.

14 Manfaat BIJI SELASIH menurut ahli gizi dan nutrisi

1.  Meningaktkan Stamina Fisik
Salah seorang pakar cardiologist dari Associate Professor of Epidemiology & Department of Epidemiology Huntington Avenue, Boston-Massachusetts Prof. Dr. Dariush Mozaffarian Ph.D, MND, mengemukakan berdasarkan temuannya bahwa, Khasiat dan manfaat biji selasih sebagai penunjang daya stamina fisik seseorang diyakini memiliki peran cukup besar. Dimana jika seseorang rajin mengonsumsi setidaknya 50 ml air biji selasih per-hari, maka hal tersebut bisa dipastikan dapat meningkatkan ketahanan stamina fisiknya selama 1 hari dengan penuh aktifitas.

2.  Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh
Menurut hasil riset ilmiah yang telah dipublish pada Journal of Nutrition and Food Sciences tahun 2010, telah dinyatakan bahwa, Biji selasih adalah salah satu jenis biji-bijian yang boleh dikonsumsi manusia karena kandungan zat-zat aktifnya yang mudah larut. Bahkan dengan mengonsumsi biji selasih ini dipercaya bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena memang pada dasarnya biji selasih memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin A, Fosfor, dan Zat besi yang begitu tinggi.

3.  Menutrisi Tulang
Selain memiliki zat-zat Anti-Oksidan yang begitu tinggi, biji selasih juga memiliki kandungan Kalsium dan Magnesium dalam jumlah yang sangat tinggi, bahkan disebut-sebut hampir setara dengan buah pisang, pepaya, atau melon. Dengan tersedainya kandungan Kalsium dan Magnesium pada biji selasih inilah yang menjadikannya sangat berguna bagi proses penutrisian sel-sel jaringa tulang secara keseluruhan.

4.  Mengatasi Arthritis (Nyeri sendi)
Tingginya kandungan Zat besi yang terdapat pada biji selasih memiliki sifat Anti-Inflamasi yang bisa mengatasi masalah Arthritis (nyeri sendi). Bahkan dalam beberapa temuan hasil riset disebutkan bahwa manfaat biji selasih sebagai perada dan penentas masalah nyeri sendi memiliki efek 10x lipat dari jenis biji-bijian lainnya.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar