9 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Jeruk Nipis

Dalam hasil riset ilmiah bertajuk American Journal of Preventive Medicine, tahun 2016 disebutkan bahwa, Orang yang terlalu banyak berkeringat, seperti contoh mereka yang mengalami Hiperhidrosis, sangat rentan terhadap bau badan. Namun dari beberapa sampel uji laboratorium ada hasil yang mengejutkan dari pengetasan applied lime. Dimana dalam penelitian tersebut menunjukan bahwa, Jeruk Nipis merupakan salah satu bahan alami yang mengandung Senyawa Asetat dan Ion Flouride dalam jumlah sangat tinggi. Dimana dengan tersedianya kedua kandungan tersebut diyakini sangat ampuh dalam penerapan atau cara menghilangkan bau badan badan (Body Odour Treatment).



Perlu dipahami bahwa, Terbentuknya bau badan tak sedap disebabkan oleh bakteri yang menghancurkan keringat dan sebagian besar terkait dengan kelenjar apokrin. Sebagian besar kelenjar apokrin di kulit terletak di selangkangan, ketiak, dan di sekitar puting. Di kulit, mereka biasanya memiliki bau. Mereka adalah kelenjar yang harum. Kelenjar apokrin terutama bertanggung jawab untuk bau badan karena keringat yang mereka hasilkan tinggi protein, yang bakteri dapat memecah dengan mudah.

Ketika tubuh mengeluarkan aroma yang lain mungkin menemukan tidak menyenangkan, itu dikenal sebagai bau badan. Bau badan biasanya menjadi jelas jika tindakan tidak diambil ketika manusia mencapai pubertas. Orang yang mengalami obesitas, mereka yang secara teratur makan makanan pedas, serta individu dengan kondisi medis tertentu, seperti diabetes, lebih rentan terhadap bau badan.

Orang yang terlalu banyak berkeringat, seperti mereka yang mengalami hiperhidrosis, juga rentan terhadap bau badan. Namun, seringkali kadar jeruk nipis dari keringat mereka terlalu tinggi sehingga bakteri dapat rusak. Itu tergantung di mana keringat berlebih terjadi dan jenis kelenjar keringat mana yang terlibat.

Keringat itu sendiri pada dasarnya hampir tidak terlalu berbau bagi tubuh manusia. Yang menyebabkan bau tak sedap adalah produktifitas bakteri dan kuman yang dicampurkan dengan keringat, hingga kombinasi campuran keringat dan bakter-kuman tersebut terpecah menjadi asam yang akhirnya menyebabkan bau tidak enak.

Salah seorang pakar spesialis fisioterpist dari Department of Biology di University York, New York, Amerika Serikat Dr. Dan Bawdon MND, mengemukakan melalui penelitiannya bahwa, Bau badan terbentuk dari produksi kelenjar keringat ketiak yang terkontaminan dengan bakteri, kuman, virus, dan mikroba-mikroba jahat sejenisnya. Adapun salah satu solusi dalam menanganinya yaitu bisa dengan menggunakan jeruk nipis. Karena memang pada dasarnya jeruk nipis mampu menyediakan kandungan Vitamin C, Vitamin E, Vitamin D, Senyawa Asam Asetat dan Ion Flouride yang dimana sangat berguna dalam upaya mensterilkan kontaminan bakteri, kuman, dan virus pemicu bau badan tersebut. Ia berujar : 

"Penelitian ini secara signifikan meningkatkan pemahaman kami mengenai proses Bio-kimia spesifik yang terjadi dalam produksi bau tak sedap di badan. Mengejutkan, bahwa bau badan tertentu diproduksi oleh sejumlah kecil spesies bakteri yang menetap di ketiak," ujarnya.

"Percaya atau tidak, para ahli sudah dari dulu menyarankan penggunaan buah Lemon dan Jeruk Nipis ini sebagai “bahan Deodorant alami” yang bisa sangat efektif menghilangkan bau badan karena beberapa kandungan Zat Anti-Oksidan dan Zat Anti-Bakteri yang terdapat didalamnya," pungkasnya.

Bau badan memang sangat mengganggu kenyamanan kita dalam menjalankan aktivitas keseharian. Selain itu bau badan juga sangat dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri kita terhadap orang-orang di sekitar, tentu kita akan merasa kuarang percaya diri ketika badan kita terasa bau tidak enak. Sudah banyak produksi obat-obatan, ramuan dan Deodorant-Deodorant dari berbagai merk yang dapat menghilangkan bau tak sedap di badan kita, tapi memang sebagian besarnya hanya bekerja sementara, tidak secara permanen.

Sebenarnya, ada berbagai macam cara dan anjuran menganai penanganan bau badan tak sedap, namun beberapa ahli dan penelitian ilmiah sepakat bahwa penggunaan bahan kimia semacam Deodorant, Bedak, dll terbukti hanya "sementara" menghambat keringat keluar dan tidak bisa menahan terlalu lama keluarnya keringat berbau tak sedap yang dihasilkan dari pengaruh bakteri, kuman dan kotoran yang menempel di kulit ketiak.

Dalam suatu hasil uji laboratorium yang dipresentasikan dalam Perkumpulan Tahunan Lembaga General Microbiology, Birmingham, dinyatakan bahwa, Pada hakikatnya ada kelompok bakteri sebanyak 150 isolat bakteri dari sampel kulit ketiak untuk menghasilkan malodoran. Yang dimana gen penyandi protein sangat bertanggung jawab untuk memproduksi thioalchohols, yang tajam dalam jumlah kecil - sedikitnya 1 bagian per triliun. Satu gen tertentu yang ditemukan di S. hominis juga ditemukan pada dua spesies lain dari Staphylococcus, yang juga terbukti sebagai produsen thioalcohol yang kuat. Sehingga dengan demikian terbentuklah keringat yang berbau tak sedap ini.

Adapun penelitian yang dilakukan oleh para ahli ini juga mengemukakan bahwasanya, Bau badan bermunculan karena adanya reaksi dari suatu perkembangan bakteri yang ada pada tubuh seseorang. DNA di bakteri Staphylococcus hominis (penghasil protein yang bisa memecah molekul keringat) akan bereaksi dengan sendirinya, yang dimana hal itu bisa menimbulkan bau badan tak sedap. Para pakar Fisioterapist sendiri telah menemukan beberapa penerapan atau cara menghilangkan bau badan tak sedap dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang tentunya penerapan-penerapan tersebut tidak memiliki efek samping, salah satunya dengan menggunakan Jeruk nipis.

Berikut beberapa penerapan atau cara menghilangkan bau badan dengan menggunakan jeruk nipis berdasarkan penelitian-penelitian dari para pakar dermatologist serta fisioterapist.

9 Cara Menghilangkan Bau badan Tak sedap dengan Jeruk Nipis (Lime) 

Langkah-langkah Penerapan :

1.  Cucilah ketiak terlebih dahulu menggunakan air bersih.

2.  Siapkan 2-3 buah jeruk nipis, atau setara 10 gram.

3.  Kupas kulit jeruk nipis terlebih dahulu.

4.  Cucilah jeruk nipis yang sudah dikupas tersebut.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar