7 Buah Yang Menyehatkan KULIT WAJAH (Skin Food)

Para pakar Dermotologist menyebutkan bahwa, Menjaga kesehatan kulit wajah sejatinya bisa dilakukan dengan cara penerapan dari luar (eksternal) dan juga bisa dengan cara penanganan dari dalam (internal). Cara penerapan dari luar bisa menggunakan bahan-bahan kosmetik atau herbal yang langsung dikontaminasikan ke kulit wajah, sedangkan cara penanganan dari dalam bisa dihasilkan dari asupan makanan-makanan yang dikonsumsi. Meskipun begitu menyehatkan kulit wajah dengan cara penerapan dari dalam (internal) adalah cara yang paling aman dan paling kecil resiko efek sampingnya. 


Perlu dipahami bahwa, Asupan yang dikonsumsi seseorang bisa sangat mempengaruhi kesehatan kulit wajahnya. Untuk menyehatkan kulit wajah, diperlukan makanan atau minuman yang mengandung zat-zat yang bisa menutrisi sel-sel kulit wajah. Dan sumber makanan terbaik dalam menyehatkan kulit wajah bisa didaptkan dari buah-buahan tertntu. Beberapa ahli kesehatan kulit pun telah menentukan beberapa kriteria-kriteria buah yang menyehatkan kulit wajah, setidaknya buah tersebut harus mengandung Protein, Vitamin C, Vitamin E, Fosfor,Potassium, Magnesium dan Zat besi. 

Seorang pakar Dermatologist terkenal yang saat ini menjabat sebagai pimpinan The American Society of Cosmetic Dermatology and Aesthetic Surgery Dr. Hirsch Ranella J M.D, mengemukakan bahwa, Gaya hidup memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan ketahanan produktifitas sel-sel kulit. Dan kebiasaan mengonsumsi makan-makanan tertentu bisa menjadi penentu apakah kulit akan ternutrisi dengan baik atau tidak. 

Untuk menjaga dan menutrisi kulit wajah sangat dibutuhkan makanan-makanan yang memiliki sumber vitamin dan mineral yang cukup memadai. Pilihlah makanan dari jenis buah-buahan yang banyak mengandung banyak Vitamin C dan Vitamin E  di dalamnya. 

Sedangkan menurut temuan ilmiah yang dilansir dalam Journal Clinical Dermatology dan European Journal Of Cancer Prevention disebutkan bahwa, Asupan gizi dan nutrisi dari internal body (dalam tubuh) memiliki dampak yang sangat berpengaruh terhadap sehat atau tidaknya kulit wajah. Dimana jika asupan gizi dan nutrisi tubuh terpenuhi secara baik maka sel-sel kulit juga akan ikut ternutrisi dengan baik pula. Meskipun juga terdapat pengaruh external body (luar tubuh) yang juga memiliki andil dalam kondisi kesehatan kulit wajah. Kulit wajah yang sehat tentu akan berefek pada kulit yang bertekstur halus, kenyal, merata, dan cerah bersinar.

Adapun berikut beberapa macam buah-buahan yang bisa menjaga, menutrisi dan menyehatkan kulit wajah berdasarkan penelitian dari para pakar nutrisionist-dermatologist.

7 Buah Yang Menyehatkan Kulit

1.  Buah Delima
Menurut pakar perawatan kulit wajah dari Mohs Skin Cancer Surgery, New York, Amerika Serikat Dr. Ellen Marmur M.D, ia mengemukakan bahwa, Buah pommengranate (Delima) memiliki zat-zat aktif yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah, sakah satunya masalah jerawat. Jerawat yang terbentuk ketika bakteri menginfeksi kelenjar minyak kulit bisa diatasi dengan menutrisi kulit wajah melalui pengonsumsian buah delima. Ketika itu, tubuh mengirim sel darah putih yang disebut neutrofil ke situs jerawat, dimana ketika neutrofil ini mencerna bakteri yang kemudian mereka mati bercampur dengan bakteri dan kotoran lain di dalam jerawat. Seluruh proses metabolisme ini juga akan mencegah dampak peradangan, yang bertanggung jawab untuk penampilan merah (eksim), komedo, dan bengkak jerawat. 

"Kandungan Anti-Oksidan yang terdapat di dalam buah delima ini akan membantu mengurangi permasalahan inflamasi (peradangan). Pengonsumsian buah delima bahkan dapat menutrisi pori-pori kulit wajah dari dalam yang akan memberi dampak efek kenyal dan halus," jelasnya.

2.  Buah Jeruk
Seorang pakar Dermatologist dari McLean Dermatology & Skincare Dr. Lily Talakoub M.D, FAAD, berpendapat bahwa, Buah-buahan yang umumnya mengandung banyak Vitamin C memiliki kemampuan utama dalam mencegah terjadinya masalah iritasi-infeksi akibat kerusakan sel-sel kulit wajah. Dan buah yang paling bagus untuk dikonsumsi dalam mengatasi masalah kesehatan kulit wajah yaitu buah jeruk. 

"Dengan kerusakan akibat sinar matahari yang luas, kolagen dan elastin di kulit rusak. Seiring waktu, ini membuat kulit terlihat seperti memiliki lubang yang tepat dari kolagen yang habis dan menimbulkan efek kulit kusam, kering dan keriput. Buah orange (jeruk) bisa dijadikan salah satu asupan tubuh yang ditujukan untuk merawat dan mencegah permasalahan kulit tersebut," ujarnya

3.  Buah Alpukat
Buah alpukat sangat kaya akan kandungan zat-zat alami yang dapat bermanfaat untuk menutrisi, menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah. Kandungan-kandungan pada buah alpukat yang memiliki kemampuan dalam menutrisi kulit wajah yaitu Vitamin E, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B6, Niasin, Riboflavin, Asam folat, dan Asam pantotenat. Dengan tersedianya kandungan-kandungan tersebut maka kulit wajah akan terhindar dari resiko terjadinya eksim, kulit wajah kusam, jerawat, kulit wajah keriput, kulit wajah berminyak, dll.

4.  Buah Pisang
Salah seorang ahli kesehatan medis dan dermatologist dari Family Medicine Center di Maryland’s Lutherville, Amerika Serikat Dr. Kathryn A Boling, M.D, memiliki pendapat bahwa, Buah pisang merupakan buah yang dapat berkontribusi sangat besar dalam menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah dari ancaman-ancaman radikal bebas yang membahayakan. Ini dikarenakan sangat kaya-nya kandungan senyawa-senyawa Anti-Oksidan dan Anti-Inflamasi yang terdapat pada buah pisang saat dikonsumsi seseorang.

“Pisang mengandung banyak sekali Vitamin dan Mineral yang bermanfaat bagi kulit wajah, antara lain seperti : Zat mangan (Manganese), Vitamin C, Kalium, Biotin, dan Tembaga. Beberapa kandungan ini telah terbukti dalam beberapa hasil riset sangat bermanfaat bagi penutrisian kulit wajah secara menyeluruh,” jelasnya

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar