11 Cara Menghilangkan JERAWAT BATU menurut pakar Dermatologist

Jerawat batu (Cystic Acne) adalah jenis jerawat besaran yang timbul karena efek peradangan hebat pada lapisan Epidermis kulit wajah yang dimana membentuk benjolan bernanah. Proses terbentuknya jerawat batu di dasari oleh meningkatnya produksi kelenjar minyak di wajah secara tidak wajah dan bercampurnya sumbatan bakteri-virus di pori-pori kulit wajah. Para pakar dermatologist sendiri telah menganalisa mengenai beberapa penerapan atau cara menghilangkan jerawat batu berdasarkan penelitian-penelitian ilmiah.


Perlu dipahami bahwa, Kondisi wajah tidak steril adalah faktor utama dari timbulnya masalah Cystic Acne (jerawat batu) ini. Meskpun faktor gaya hidup, penggunaan kosmetik, kebersihan lingkungan, suhu-cuaca, dan pengonsumsian makanan-makanan tertentu bisa juga memicu timbulnya permasalahan jerawat batu ini.

Salah seorang pakar Dermatologist asal Bogor Dr. Maria Dwikarya, Sp.KK, berpendapat bahwa, Permasalahan jerawat, khususnya jerawat batu sejatinya berasal dari reaksi produkstifitas sel-sel jaringan kulit yang sedang dalam kondisi abnormal. Dimana pemicu dari terjadinya kondisi abnormal pada kulit wajah bisa dikarenakan oleh pengaruh lingkungan, cuaca, kebersihan, gaya hidup, bahkan genetik (keturunan). Ia berujar :  

“Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceous Gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran Folikel rambut dan pori-pori kulit. Yang dimana daerah yang paling mudah terkena jerawat ialah muka-wajah, dada, punggung dan lengan,” jelasnya.

Salah seorang pakar dermatologist dan cosmetologist dari Max Hospitals, Malviya, New Delhie Dr. Rahul Nagar MBBS, DDV, DNB, mengemukakan bahwa, Kulit wajah yang sedang terjangkit jerawat batu bisa dengan mudah teratasi dan dicegah jika seseorang rajin mencuci muka setiap hari setidaknya 2 kali. Karena memang mencuci muka merupakan kebiasaan yang sangat berkhasiat dalam menjaga kesterilan kulit wajah dalam mengsusir bakteri, kuman, dan virus penyebab jerawat batu. 

Dalam sebuah Journal Science of Medicine & Immunology yang didapat dari hasil penelitian Dr. Richard Gallo, University of California, San Diego menemukan bahwa, Jerawat ialah soal bakteri, minyak, asam lemak, hormon, dan gen. Selain itu, pemicu pertama jerawat adalah lingkungan mikro yang kedap udara di permukaan kulit. Lingkungan kedap udara akan membuat Propionibacterium acnes, bakteri yang secara alami terdapat pada kulit, mengubah minyak menjadi asam lemak yang memicu peradangan.

Adapun berikut beberapa cara ampuh menghilangkan jerawat batu berdasarkan penelitian-penelitian dari para pakar dermatologist. 

11 Cara Menghilangkan JERAWAT BATU

1.  Gunakan Sari Lemon atau Jeruk Nipis
Menurut seorang pakar kesehatan kulit yang saat ini menjabat sebagai Kepala Divisi Dermatologie Kosmetik Cempaka Rumah Sakit Cipto Mengunkusumo Dr. Irma Bernadette Simbolon M.D, berpendapat bahwa, Lemon dan Jeruk Nipis merupakan buah-buahan yang memiliki banyak sekali kandungan zat-zat alami di dalamnya. Dimana kandungan-kandungan alami yang terdapat pada buah lemon atau jeruk nipis ini sangat bermanfaat dalam merawat, menjaga dan mentralisir kulit wajah dari bakteri-virus pemicu jerawat batu. Selain itu, dengan tersedianya kandungan Vitamin C, Vitamin E, Fosfor, Niasin dan Riboflavin yang terdapat pada sari buah lemon dan jeruk nipis juga bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan masalah iritasi, infeksi dan inflamasi (peradangan) kulit wajah. 

Cara Menggunakannya : 
> Siapkan 1-2 buah lemon atau jeruk nipis.
> Kemudian belah menjadi dua bagian menggunakan pisau. 
> Ambil sarinya terlebih dahulu atau bisa langsung kamu gosokan sari buah lemon atau jeruk nipis tersebut di wajah secara merata.
> Biarkan selama 25-40 menit hingga sari buah mengering. 
> Kemudian bilaslah menggunakan air bersih. 
>Terapkan cara ini 2x sehari untuk menghilangkan jerawat batu di wajah secara permanen.

2.  Gunakan Air Seduhan Daun Sirih
Daun sirih terbukti sangat ampuh dalam mengatasi masalah jerawat meskipun jerawat batu (Cystic Acne) sekalipun. Hal ini dikarenakan Daun sirih memiliki kandungan Eugenol, Eustragol, Kavikol, dan Betlefenol, Polifenol, Flavonoid hingga Vitamin C yang dimana kandungan-kandungan tersebut merupakan zat anti-bakteri, anti-jamur dan anti-oksidan yang dapat membasmi pemicu-pemicu timbulnya Jerawat batu.

Cara Menggunakannya : 
> Siapkan 5-6 helai daun sirih.
> Kemudian rebus dengan disertai air bersih. 
> Basuhkan air rebusan atau seduhan daun sirih tersebut ke kulit wajah secara merata. 
> Biarkan selama 30-40 menit hingga nampak mengering.
> Kemudian bilaslah wajah menggunakan air bersih. 
> Terapkan cara ini 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3.  Gunakan Buah Bengkoang
Pemanfaatan buah Bengkoang bagi kesehatan kulit wajah sudah bukan hal yang baru lagi, banyak dari produk kosmetik yang menggunakan Bengkoang sebagai bahan dasar pembuatannya. Ini dikarenakan Bengkoang memiliki kandungan Vitamin C dan B1 yang sangat efektif dalam dalam mencerahkan kulit, menghilangkan flek hitam, menghilangkan Cystic Acnee (jerawat batu) dan menghindarkan kulit wajah dari noda kusam.

Cara Menggunakannya : 
> Siapkan ½ atau sekitar 50 gr buah bengkoang. 
> Kemudian kupas bagian kulit luarnya terlebih dahulu. 
> Kemudian haluskan bengkoang dengan menggunakan blender atau dengan cara ditumbuk hingga halus menyerupai krim.
> Oleskan krim bengkoang tersebut di wajah secara merata.
> Biarkan selama 30-45 menit hingga krim bengkoang mengering.
> Kemudian bilaslah menggunakan air bersih. 
> Terapkan cara ini 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4.  Gunakan Mentimun
Mentimun memiliki kandungan-kandungan Vitamin E, Vitamin C, dan Mineral yang sangat tinggi. Dimana penggunaan mentimun sudah lama terbukti sebagai andalan untuk perawatan wajah, salah satunya mengontrol keluaran minyak berlebih di wajah yang dapat memicu timbulnya jerawat batu. Banyaknya kandungan Vitamin dan Mineral pada mentimun menjadikannya salah satu bahan alami yang dipercaya sangat ampuh dalam penerapan atau cara menghilangkan minyak di wajah yang terproduksi secara berlebihan pemicu timbulnya komedo dan jerawat batu. 

Cara Menggunakannya :
> Siapkan 1 buah mentimun dengan panjang sekitar 4-5 cm. 
> Kemudian haluskan mentimun dengan menggunakan blender atau dengan cara ditumbuk hingga menyerupai krim.
> Oleskan krim mentimun tersebut di wajah secara merata. 
> Biarkan selama 20-30 menit hingga krim mentimun mengering. 
> Kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
> Terapkan cara ini 2x sehari untuk menghilangkan jerawat batu secara permanen.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar