11 Cara Mengatasi RAMBUT RONTOK (Alopesia)

Rambut rontok (Alopesia) adalah kondisi dimana rambut yang berada di kulit kepala mengalami patahan atau pelepasan dari reaksi produksi folikel akar rambut. Kondisi kerontokan rambut masih dianggap wajar apabila rambut lepas 100 helai / per hari, namun jika kerontokan rambut terjadi secara berlebihan maka hal itulah yang menandakan adanya masalah kesehatn di rambut dan kulit kepala. Para pakar spesialis kesehatan rambut dan kulit kepala sendiri telah menemukan beberapa penerapan-penerapan atau cara mengatasi rambut rontok ini melalui penelitian dan hasil riset ilmiah.


Pada umumnya, masalah rambut rontok ini merupakan gejala alami dari sel-sel folikel akar rambut yang bisa dialami semua orang. Namun memang jika kerontokannya terjadi secara tidak wajar, terus menerus dan berlebihan, maka hal itu perlu diwaspadai karena jika dibiarkan akan mengakibatkan kebotakan permanen. Penanganan atau cara mengatasi rambut rontok ini pun bisa menggunakan penerapan-penerapan yang simpel dengan menggunakan bahan-bahan alami atau herbal. Yang dimana bahan-bahan alami tersebut harus mengandung zat-zat yang nantinya diperlukan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut ini. Beberapa zat-zat yang diperlukan oleh rambut dalam mengatasi rambut rontok yaitu : Protein, Vitamin A, Vitamin E, Zat besi, Fosfor, Potassium, Magnesium, dan lain sejenisnya. 

Seorang pakar kesehatan kulit kepala dan rambut dari Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (MMC), Kuningan, Jakarta Selatan Dr. Edwin Tjuanda menyatakan bahwa, Kerontokan rambut merupakan kejadian alamiah dimana memang rambut bisa mengalami patah atau lepas (rontok) setidaknya 100 helai/per hari. Oleh karena itu, sejatinya kondisi kerontokan rambut  merupakan kejadian alami dan aman saja, namun memang jika kerontokan terjadi dalam volume yang cukup banyak dan terjadi secara rutin. Maka dari itu diperlukan adanya penangan yang serius karena jika tidak ditangani sesegera mungkin tidak mustahil rambut di kepala akan mengalami kebotakan (gundul).

Di dalam Journal of American Academy of Dermatology tahun 2006 disebutkan bahwa, Kekurangan zat besi bisa menjadi faktor penyebab utama dari terjadinya rambut rontok secara berlebihan. Karena memang pada dasarnya tubuh memerlukan asupan Zat besi untuk membantu proses regenerasi otot-otot serta sel-sel saraf di seluruh tubuh, tidak terkecuali sel-sel kulit kepala dan juga rambut. Selain itu, Zat besi juga bermanfaat dalam mebantu proses sirkulasi darah menuju bagian atas kepala sehingga rambut akan terjaga kondisi kesehatannya.

Salah seorang praktisi kedokteran terkenal dari Royal Free Hospital, London, Inggris Dr. Hilary Robert Jones M.D percaya bahwa, Solusi dari masalah kerontokan rambut bisa didapatkan dari daging-dagingan yang mengandung banyak Zat besi. Dimana kandungan Zat besi inilah yang dipercaya berdsarkan ilmiah sangat baik dalam membantu pertumbuhan rambut dan regenerasi sel-sel kulit kepala. 

"Pemicunya (rambut rontok) bisa jadi genetik, atau karena kondisi kulit seperti Psoriasis dan Eksim, masalah Tiroid, tapi juga bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi. Nah, Kekurangan Zat besi inilah merupakan salah satu faktor penyebab utamanya," ujarnya. 

"Mereka yang menghindari mengonsumsi daging-dagingan (daging sapi, daging kambing daging ayam, dll) mungkin karena pola makan vegan dan vegetarian, bisa saja mereka tidak mendapatkan zat besi untuk rambutnya sehingga timbullah masalah kerontokan rambut ini," lanjutnya. 

Adapun berikut beberapa penanganan dan cara mengatasi rambut rontok berdasarkan penelitian-penelitian dari para pakar kesehatan kulit kepala-rambut.

11 Cara Mengatasi Masalah Rambut Rontok

1.  Oleskan Gel Lidah Buaya
Salah seorang ahli kesehatan rambut dan kulit kepala Dr. Dian Perwita Sari M.D menyatakan bahwa, Penggunaan lidah buaya terbilang sangat efektif dalam membersihkan folikel-folikel akar rambut dari kelebihan produksi minyak maupun sisa-sisa produk perawatan berbahan kimia. Manfaatkanlah lidah buaya dari daging atau gelnya saja untuk dioleskan ke bagian kulit kepala dan rambut.

> Cara menggunakannya : 
Siapkan 1 tangkai lidah buaya sepanjang 5-8 cm --> kemudian belah kulit luar dari lidah buaya tersebut --> ambil gel atau lendirnya terlebih dahulu --> kemudian oleskan ke bagian kulit kepal dan rambut secara merata --> biarkan selama 20-30 menit hingga gel lidah buaya tersebut agak mengering--> kemudian bilaslah menggunakan air bersih. Terapkan cara ini 2x sehari untuk mengatasi masalah rambut rontok secara permanen.

2.  Gunakan Sari Lemon atau Jeruk Nipis
Buah lemon dan jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin E, Magensium dan Fosfor di dalamnya. Dimana kandungan-kandungan tersebut dipercaya dapat mengatasi rambut rontok secara efektif. Selain itu, buah lemon dan jeruk npis juga mengandung beberapa senyawa-senyawa Anti-Oksidan dan Anti-Inflamasi di dalmnya, sehingga kulit kepala tidak akan mengalami masalah infeksi, iritasi dan inflamasi (peradangan) yang nantinya bisa beresiko menimbulkan Alopesia (kebotakan).

> Cara menggunakannya :
Siapkan 1-2 buah lemon atau jeruk nipis --> kemudian belah menjadi dua bagian menggunakan pisau --> ambil sarinya terlebih dahulu atau bisa langsung kamu gosokan sari buah lemon atau jeruk nipis tersebut ke bagian kulit kepala dan rambut secara merata --> biarkan selama 25-40 menit hingga sarinya nampak mengering --> kemudian bilaslah menggunakan air bersih. Terapkan cara ini 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3.  Gunakan Ampas Kopi
Menurut hasil penelitian yang dilansir oleh pakar spesialis kesehatan kulit dan rambut dari Wolff Company’s Harstylish Dr. Adolf Klenk, menjelaskan bahwa kafein mudah berpenetrasi ke dalam akar rambut untuk menanamkan kandungan alamiahnya yang bisa menguatkan batang rambu dan meningkatkan pertubumbuhan rambut. Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang lebih tebal dan banyak rambut membutuhkan sumber Energi dan Zat besi yang besar. Dimana seperti yang diketahui oleh para ilmuwan bahwa kafein salah satu sumber zat alami yang ampuh dalam mendorong dan membangkitkan Energi.

> Cara menggunakannya : 
Siapkan 1 kantung atau 1 sdm teh bekas --> kemudian sapukan ke kulit kepala dan rambut secara merata --> biarkan selama 30-40 menit hingga ampas daun teh bekas tersebut mengering --> kemudian bilaslah wajah menggunakan air bersih. Terapkan cara ini 2x sehari untuk menghilangkan keriput di wajah secara permanen.

4.  Gunakan Ampas Teh
Pada penelitian ilmiah yang dipublikasikan oleh British Journal of Dermatology, Inggris mendapati temuan bahwa, Kandungan kafein pada ampas daun teh bekas bisa sangat efektof digunakan sebagai perawatan pencegahan rambut rontok. 

> Cara menggunakannya : 
Siapkan 1 kantung atau 1 sdm teh bekas --> kemudian tempelkan ke kulit wajah secara merata --> biarkan selama 30-40 menit hingga ampas daun teh bekas tersebut mengering --> kemudian bilaslah wajah menggunakan air bersih. Terapkan cara ini 2x sehari untuk menghilangkan keriput di wajah secara permanen.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar