10 Manfaat Daging Burung Merpati (DARA) menurut pakar Nutrisionist

Burung merpati atau dara adalah spesies burung berjenis Columbidae yang memiliki bentuk fisik gempal dengan leher pendek dan paruh ramping-pendek dengan cere berair. Biasanya burung merpati atau dara ini sering dijadikan sebagai hewan peliharaan, namun daging dari burung merpati ini juga bisa dijadikan sebagai bahan makanan. Para pakar nutrisionist sendiri telah menemukan dan menganalisa beberapa khasiat dan manfaat burung merpati (dara) bagi kesehatan tubuh berdasarkan penelitian-penelitian dan hasil riset. 


Daging dari buru merpati atau dara ini sering diolah menjadi beberapa macam masakan, seperti : burung dara bakar, burung dara goreng, rica-rica burung dara, dara merah sambal balado, dan masih banyak lagi. Rasa dari daging burung merpati juga sangat khas lebih gurih dan agak manis, berbeda dari daging ayam, angsa, dan bebek. Tidak hanya itu, selain memiliki rasa yang lezat dan gurih, daging burung dara juga memiliki segudang kandungan gizi dan nutrisi, antara lain : Protein, Zat besi, Omega-3, Omega-6, Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin B12, Riboflavin, Niasin, Asam folate, Kalsium, Magnesium, Potassium, Selenium, dan Fosfor.

Sebuah hasil riset yang telah dilansir di dalam International Journal of Agricultural Sciences and Natural Resources dinyatakan bahwa, Jumlah kandungan Vitamin, Protein dan Mineral pada daging burung merpati mengalahkan jumlah kandungan dari Daging Sapi dan Daging Kambing. Meskipun memang, satu-satunya kekurangan pada burung merpati yaitu kandungan Kolesterolnya yang sangat tinggi. Dimana kandungan Kolesterol burung merpati atau dara tidak kurang dari 121,1 mg dalam tiap 110 gram. Oleh karena itu disarankan untuk tidak sering-sering mengonsumsi daging burung merpati, konsumsilah sebagai selingan untuk beberapa kali dalam seminggu saja. 

Salah seorang profesor pakar sians-scientist dari Chinese Academy of Sciences, Beijing, China Prof. Yang Huanming B. Sc Ph.d, mengemukakan dalam penelitiannya bahwa, Senyawa-senyawa aktif yang terdapat pada daging dari burung merpati memiliki khasiat yang sangat luar biasa khususnya bagi kesehatan saraf mata dan sistem imun (kekebalan tubuh.).    

Temuan ilmiah dari The Skinny of Calorie Lab. menemukan bahwa, Kelengkapan nutrisi dari daging burung merpati merupakan salah satu yang terbaik. Makanan ini rendah akan kandungan Sodium di dalamnya namun merupakan salah satu sumber protein yang paling tinggi ketimbang daging hewan unggas lainnya. Selain itu, burung merpati atau dara memiliki kandungan Vitamin B3 (niacin), Fosfor dan Tembaga, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Zat besi, Zink dan Selenium, sehingga kemampuan dalam memenuhi kebutuhan gizi seseorang tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun sayangnya, kandungan Kolesterol pada daging burung merpati ini terbilang sangat tinggi, bahkan bisa dibilang paling tinggi dibandingkan hewan-hewan unggas lainnya.

Adapun berikut beberapa khasiat dan manfaat daging burung merpati (dara) bagi kesehatan tubuh berdasarkan penelitian-penelitian dari para pakar nutrisionist. 

10 Manfat DAGING BURUNG MERPATI-DARA

1.  Sumber Protein Terbesar
Temuan ilmiah dari The Skinny of Calorie Lab. mendapati fakta bahwa, Kelengkapan nutrisi dari daging burung merpati merupakan salah satu yang terbaik. Makanan ini rendah akan kandungan Sodium di dalamnya namun merupakan salah satu sumber Protein yang paling tinggi ketimbang daging hewan unggas lainnya. Kandungan Protein pada  daging burung merpati tidak kurang dari 54,6 gr / 110% daily values.

2.  Mencerdaskan Otak
Menurut data dari USDA (United States Department of Agriculture), Daging burung merpati atau dara memiliki kandungan Omega-3 250 mg dan Omega-6 6400 mg dalam tiap 110 gr. Sangat tingginya jumlah kandungan Omega-3 dan Omega-6 pada daging burung merpati tersebut dipercaya dapat merangsang sel-sel tubuh dalam membangktikan fungsi kognitif otak sekaligus meningkatkan kemampuan otak dalam berfikir dan mengingat (memory ability).    

3.  Memperkuat Imunitas Tubuh
Daging dari burung merpati atau burung dara merupakan satu-satunya yang memiliki bermacam-macam vitamin di dalamnya, sebut saja Vitamin C, Vitamin A, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12, dll. Dengan tersedianya bermacam vitamin pada daging burung dara tersebut maka para pakar nutrisionist meyakini manfaat dari dagimg burung dara ini sangat bagus dalam menjaga dan memperkuat imuniatas tubuh (sistem kekebalan tubuh)    

4.  Menyehatkan Mata
Salah seorang profesor pakar sians-scientist dari Chinese Academy of Sciences, Beijing, China Prof. Yang Huanming B. Sc Ph.d, mengemukakan dalam penelitiannya bahwa, Senyawa-senyawa aktif yang terdapat pada daging dari burung merpati memiliki khasiat yang sangat luar biasa khususnya bagi kesehatan saraf mata dan sistem imun (kekebalan tubuh).   

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar