11 Cara Menghilangkan KOMEDO menurut pakar Dermatologist

Komedo adalah benjolan kecil yang tumbuh dan tersumbat di atas pori-pori kulit, dimana dalam ilmu medis, komedo ini juga merupakan salah satu bentuk dari jerawat (jerawat kecil). Kebanyakan kasus menyebutkan komedo muncul di area wajah dan khususnya sekitaran hidung, namun komedo juga dapat muncul di area-area lain seperti lengan, leher, dada dan juga punggung. Para pakar dermatologist sendiri telah menemukan beberapa penerapan atau cara menghilangkan komedo di wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami, yang tentunya penerapan-penerapan tersebut tidak memiliki efek samping.


Dalam dunia medis dan biologi, komedo terbentuk dari terjadinya kombinasi antara sel kulit mati dan produksi minyak berlebih yang terkumpul pada ujung luar Folikel kulit. Dengan begitu benjolan dari jerawat kecil (komedo) tersebut akan muncul melalui pori-pori kulit. Meskipun keberadaan komedo ini masih terbilang aman dan tidak termasuk masalah kesehatan wajah yang serius, namun tetap saja sangat mengaanggu bagi kecantikan wajah seseorang. Ada juga beberapa analisa, penerapan atau cara menghilangkan komedo di wajah ini yang telah dibuktikan dalam beberapa uji laboratorium. 

Menurut salah seorang pakar Dermatologist yang bekerja di New York- Presbyterian Hospital Dr. David E. Bank, MD, berpendapat bahwa, Komedo bisa disebabkan oleh luka bekas jerawat atau bopeng, terlalu sering terkena paparan sinar matahari, serta perubahan hormon (hormon produksi minyak, pertumbuhan, dll).

Sedangkan menurut seorang pakar kecantikan wajah Prof. Cecilia Wong Ph.d, MND, mengemukakan bahwa, Komedo merupakan campuran antara produksi minyak berlebih yang bercampur dengan kotoran, bakteri, virus, dan mikroba jahat lainnya yang terdapat di permukaan kulit wajah, tepatnya di pori-pori kulit wajah.

Normalnya, cara menghilangkan komedo atau jerawat kecil ini membutuhkan kesabaran dan waktu yang lumayan lama, karena memang jaringan sel-sel sekitaran hidung atau wajah tersebut perlu melakukan proses regenerasi atau pemulihan, namun ada beberapa penerapan atau cara menghilangkan komedo atau jerawat kecil di wajah ini dengan menggunakan bahan-bahan dan alat herbal alami. Berikut cara dan ulasan lengkapnya dari para pakar spesialis medis dan dermatologist :

11 Cara Menghilangkan KOMEDO menurut pakar Dermatologist 

1.  Sari Lemon atau Jeruk Nipis
Buah Lemon memiliki kandungan Vitamin C dan Vitamin E dalam jumlah sangat tinggi, dimana dua kandungan tersebut sangat baik dalam menghilangkan dan membasmi komedo yang disebabkan oleh kuman, bakteri, virus dan minyak berlebih. Selain dapat dimanfaatkan dalam penerapan atau cara menghilangkan komedo di wajah, sari perasan lemon juga memiliki kemampuan dalam mencegah terjadinya kontaminasi, iritasi, dan peradangan di permukaan kulit secara keseluruhan. ini dikarenkana adanya senyawa-senyawa Anti-Oksidan dan Anti-Inflamasi di dalamnya.

Cara Menggunakannya :
> Siapkan 1-2 buah lemon atau jeruk nipis.
> Kemudian belah menjadi dua bagian menggunakan pisau.
> Ambil sarinya terlebih dahulu atau bisa langsung kamu gosokan sari buah lemon atau jeruk nipis tersebut di bagian kulit yang berkomedo secara merata.
> Biarkan selama 20-30 menit hingga sari buah mengering.
> Kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
> Terapkan cara menghilangkan komedo dengan menggunakan sari lemon ini 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2.  Masker Pepaya
Dalam sebuah jurnal ilmiah disebutkan bahwa Pepaya mengandung zat berupa Enzim Papain, yang dimana zat tersebut sangat baik dalam meregenerasi kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, sekaligus menyingkirkan komedo atau jerawat kecil. Selain dapat dimanfaatkan dalam penerapan atau cara menghilangkan komedo di wajah, Masker pepaya yang dimana memiliki kandungan-kandungan mineral di dalamnya juga sangat berguna dalam menjaga dan mencegah perkembang biakan bakteri dan kuman penyebab jerawat.

Cara Menggunakannya :
> Siapkan ½ atau secukupnya buah pepaya, kemudian tumbuk atau blender hingga menyerupai krim.
> Oleskan di bagian kulit yang berkomedo secara merata.
> Diamkan selama 15 menit.
> Kemudian bilas menggunakan air bersih.
> Terapkan cara menghilangkan komedo dengan menggunakan masker pepaya ini 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang permanen.

3.  Masker Putih Telur
Seorang pakar kecantikan dan kesehatan kulit yang saat ini bekerja di Clinical Director NMW Skincare Kalimalang, Bekasi Dr. Steffy Aditya, berujar bahwa, Putih telur telah terbukti secara ilmiah sangat efektif dalam membersihkan kulit dari komedo. Dibanding dengan produk pore pack di pasaran, masker putih telur ini jauh lebih efektif dan alami tanpa efek samping. Selain itu, putih telur juga bisa menutrisi kulit dari bagian luar. Beberapa kandungan putih telur yang dikenal sangat ampuh dalam mengatasi dan menghilangkan komedo adalah Protein beserta Mikronutrien. Putih telur bisa kamu gunakan sebagai bahan herbal-alami dalam penerapan atau cara menghilangkan komedo dengan memanfaatkannya sebagai Masker krim.

Cara Menggunakannya :
> Siapkan 1 buah telor ayam.
> Kemudian pecahlah telur tersebut.
> Ambil lendir putih dari telur tersebut.
> Kemudian oleskan di bagian kulit yang berkomedo secara merata.
> Biarkan selama 15-20menit hingga putih telur tersebut mengering.
> Kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
> Terapkan cara menghilangkan komedo dengan menggunakan putih telur ini 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang permanen.

4.  Krim Lidah Buaya
Selain sangat bagus dalam menjaga kesehatan rambut, Lidah buaya juga sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Kandungan Asam Amino, Vitamin C dan Vitamin E di dalam lidah buaya bekerja sangat aktif dalam melindungi, mengontrol dan mensterilkan kulit wajah dari ancaman-ancaman bakteri, virus, dan mikroba jahat penyebab komedo. Lidah buaya bisa kamu gunakan sebagai bahan herbal-alami dalam penerapan atau cara menghilangkan komedo dengan memanfaatkannya sebagai Gel atau Krim Oles.

Cara Menggunakannya :
> Siapkan 1 tangkai lidah buaya sepanjang 5-8 cm.
> Kemudian belah kulit luar dari lidah buaya tersebut.
> Ambil gel atau lendirnya terlebih dahulu.
> Kemudian oleskan di bagian kulit yang berkomedo secara merata.
> Biarkan selama 20-30 menit hingga gel lidah buaya tersebut mengering.
> Kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
> Terapkan cara ini 2x sehari untuk menghilangkan komedo secara permanen.

5.  Krim Tomat
Tomat memiliki kandungan Lycopine yang terbukti ampuh dalam menangkal radikal bebas berupa bakteri, virus dan mikroba jahat lainnya penyebab komedo dan jerawat. Bahkan tomat juga memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin C dan Vitamin E yang dimana dapat membantu menjaga dan mengontrol produksi kelenjar minyak. Tomat bisa kamu gunakan sebagai bahan herbal-alami dalam penerapan atau cara menghilangkan komedo dengan memanfaatkannya sebagai Krim Oles.

Cara Menggunakannya :
> Siapkan 1-2 buah tomat matang.
> Kemudian haluskan tomat dengan menggunakan blender atau dengan cara ditumbuk hingga menyerupai krim.
> Oleskan krim tomat tersebut di bagian kulit yang berkomedo secara merata.
> Biarkan selama 20-30 menit hingga krim tomat mengering.
> Kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
> Terapkan cara ini cukup 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6.  Krim Kunyit 
Kunyit merupakan salah satu bahan tradisional yang dipercaya sebagai salah satu obat herbal dalam menjaga kesehatan kulit wajah sevcara keseluruhan. Kunyit memiliki senyawa Anti-Mikroba yang dapat menghilangkan bakteri, virus dan mirkoba jahat lainnya yang terdapat di dalam pori-pori kulit. Bahkan Kunyit juga memiliki senyawa-senyawa Anti-Inflamasi dan Anti-Oksidan yang dimana mampu membantu  meningkatkan Ph kulit supaya kulit menjadi lembab, halus dan kenyal. Kunyit bisa kamu gunakan sebagai bahan herbal-alami dalam penerapan atau cara menghilangkan komedo dengan memanfaatkannya sebagai Krim Oles.

Cara Menggunakannya :
> Siapkan 2-3 batang kunyit dalam bentuk sedang.
> Kemudian haluskan kunyit tersebut dengan cara ditumbuk atau diblender.
> Campur dan adukkan dengan air sebanyak 30-45 ml hingga menyerupai krim.
> Oleskan krim kunyit tersebut di bagian kulit yang berkomedo secara merata
> Diamkan selama 10-15 menit.
> Kemudian bilas menggunakan air bersih.

7.  Gunakan Baking Soda
Pada hakikatnya, Baking soda memiliki senyawa-senyawa yang sangat baik dalam menganngkat sel-sel kulit mati, mengatur produksi minyak di kulit, dan membantu menjaga kadar pH kulit. Namun memang penggunaannya perlu dibatasi dan diawasi, karena baking soda merupakan bahan kimia yang tentu saja memiliki efek samping jika penggunaannya tidak dikontrol.

Cara Menggunakannya :
> Ambil 1-2 sdm baking soda.
> Campur menggunakan air sebanyak 50 ml.
> Oleskan di bagian kulit yang berkomedo secara merata.
> Diamkan selama 5-8 menit saja.
> Kemudian bilas menggunakan air bersih.

8.  Ampas Kopi 
Kopi merupakan salah satu bahan tradisional yang sudah digunakan sebagai bahan alami dalam menjaga kesehatan kulit wajah secara turun-temurun. Bahkan saat ini banyak dari produk-produk kecantikan yang menggunakan kopi sebagai bahan dasar pembuatan. Ampas Kopi sering digunakan sebagai masker dalam penerapan-cara menghilangkan komedo dan jerawat di wajah karena di dalamnya terkandung senyawa Anti-Oksidan, Anti-Inflamasi, sekaligus Anti-Bacterial dalam jumlah yang terbilang cukup tinggi. 

Cara Menggunakannya :
> Ambil 1-2 sendok ampas daun kopi yang sudah tidak terpakai (tapi tetap masih steril).
> Tempelkan ampas kopi tersebut di bagian kulit yang berkomedo secara merata.
> Biarkan selama 15-20 menit.
> Kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
> Terapkan cara menghilangkan komedo dengan menggunakan ampas kopi ini 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang permanen.

9.  Ampas Daun Teh
Kandungan Zat Tannin, Vitamin C dan Beta Karoten merupakan kombinasi ideal dalam menjaga kesehatan wajah secara keseluruhan. Dengan kandungan-kandungan tersebut, para pakar dermatologist sangat percaya bahwa ampas daun teh merupakan bahan tradisional yang memiliki kemampuan sangat dalam mengatasi masalah-masalah kulit wajah, salah satunya Komedo. 

Cara Menggunakannya :
> Ambil 1-2 sendok ampas daun teh bekas yang sudah tidak terpakai (tapi tetap masih steril).
> Tempelkan ampas daun teh tersebut ke bagian kulit yang berkomedo secara merata.
> Biarkan selama 15-20 menit.
> Kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
> Terapkan cara menghilangkan komedo dengan menggunakan ampas teh bekas ini 2x sehari untuk mendapatkan hasil yang permanen.

10.  Hindari makanan Berminyak atau Berlemak
Menghindari makanan berminyak dan berlemak merupakan salah satu penerapan atau cara menghilangkan komedo yang paling wajib dilakukan. Karena makanan-makanan berminyak atau berlemak tersebut malah akan menyebabkan over-activity pada produksi kelenjar minyak, dimana hal tersebut tentunya akan secara langsung berkaitan terhadap timbulnya komedo atau jerawat di wajah.

11.  Rajin Mencuci Muka
Salah satu cara menghilangkan komedo palin dasar yaitu dengan rajin-rajin mencuci muka, setidaknya 2 x sehari (sebelum dan sesudah tidur malam). Karena dalam banyak penelitian disebutkan bahwa, Kulit memerlukan asupan Mineral yang cukup dalam mengaktifkan jaringan sel-sel kulit wajah, melancarkan proses regenerasi kulit wajah, mengontrol produksi minyak berlebih, serta mensterilkan kulit wajah dari berbagai ancaman virus, bakteri dan mikroba jahat penyebab komedo atau jerawat.


ARTIKEL TERKAIT :
-> 11 Manfaat MASKER TOMAT menurut pakar Dermatologist
-> 10 Cara Menghaluskan TELAPAK TANGAN menurut pakar Dermatologist
-> 12 Cara Memutihkan KETIAK HITAM (Black's Armpit)
-> 14 Cara Menghilangkan MINYAK DI WAJAH menurut pakar Dermatologist


Demikian tips lengkap mengenai 11 Cara Menghilangkan KOMEDO secara Tradisional menurut penelitian para ahli dari Bang Isman. Silahkan SHARE (Bagikan) artikel ini supaya lebih bermanfaat, Terima kasih.

1 komentar:

  1. Krim lidah buaya yang sring digunakan, artikel yang bermanfaat...

    BalasHapus