11 Manfaat PARE menurut pakar Nutrisionist

Pare (bahasa latin : Momordica charantia) adalah salah satu jenis sayur-sayuran tropis yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae atau labu-labuan, dimana tanaman ini berasal dari kawasan Asia-asia tenggara yang sebagian besarnya India bagian barat. Di indonesia sendiri, Pare sebagai bahan makanan biasanya diolah menjadi beberapa masakan seperti : tumis pare, pare ikan teri, pare dadar telur, oreg pare, oseng-oseng pare, dll. Para pakar nutrisionist mendapati bahwa khasiat dan manfaat pare terbukti sangat baik bagi kesehatan saraf otak, hati, jantung, jaringan sel-sel darah, mata dan organ tubuh lainnya. Ini dikarenakan tersedianya beberapa gizi dan nutrisi yang terdapat dalam pare.


Pada umumnya, Pare memiliki rasa yang pahit dan tidak semua orang menyukainya, namun hal tersebut karena adanya senyawa Asam Trichosanat dan Momordicin di dalamnya sehingga bagi siapa saja yang mengonsumsinya akan merasakan nafsu makan menjadi lebih meningkat. Belum lagi beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam pare yang terbilang sangat luar biasa. 

Dalam setiap 1 buah (100g) Pare mengandung bermacam gizi dan nutrisi antara lain : Protein 1.1 g, Karbohidrat 6.8 g, Kalsium 45 mg, Fosfor 64 mg, Zat Besi 1.4 g, Retinol 54 mcg, Thiamine 0.08 mg, Lemak 0.3 g, dan Asam Askorbat 52 mg. Tidak hanya itu, Pare juga memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, dan Vitamin B3 di dalamnya. 

Bahkan salah seorang spesialis pengobatan alternatif dan anti-penuaan di Nevada Center of Alternative & Anti-Aging Medicine, Amerika Serikat Dr. Frank Shallenberher M.D, mengemukakan bahwa, Telah ditemukan zat-zat di dalam Pare yang memiliki kemampuan untuk menahan tumbuh kembangnya sel-sel kanker pada tubuh seseorang secara efektif. Pare juga telah terbukti bisa dimanfaatkan sebagai salah satu terapi obat kanker Pankreas. 

Salah seorang ahli gizi asal India Dr. Anju Sood M.D, juga berpendapat bahwa, Jus pare memiliki sifat anti-inflamasi yang juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, Pare juga memiliki kemampuan mempertahankan tekanan darah dan mengurangi kelebihan sodium di dalam tubuh. Jus pare pun kaya kalium, zat besi dan asam folat yang telah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi risiko stroke dan menjaga kesehatan jantung.

Suatu studi ilmiah yang dipublikasikan dalam International Journal of Vitamin and Nutrition juga menyimpulkan bahwa senyawa Momordica Charantia yang terkandung di dalam sayuran Pare dapat memberikan perlindungan dan pencegahan terhadap gagal hati dengan memperkuat aktivitas Anti-Oksidan dari Enzim dalam hati. Dengan hal ini juga maka secara responsif meningkatkan fungsi kandung kemih yang diperuntukan sistem pembuangan pencernaan di dalam tubuh.

Adapun berikut beberapa khasiat dan manfaat pare menurut penelitian-penelitian para pakar gizi dan nutrisi (nutrisionist) :    

11 Manfaat PARE menurut pakar Nutrisionist

1.  Menambah Nafsu Makan
Kandungan Asam Trichosanat dan Momordicin dalam Pare merupakan zat yang terbilang sangat ampuh mengatasi masalah menurunnya nafsu makan seseorang. Selain itu, dengan terkandungnya Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin B2, dan Vitamin B3  pada pare juga sangat membantu dalam meningkatkan fungsi pencernaan serta menjaga kesterilan organ lambung, usus kecil dan usus besar. 

2.  Mengobati Diabetes
Bagi penderita Diabetes atau gula darah berlebih sangat dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi sayuran Pare. Karena memang dalam beberapa temuan ilmiah disebutkan bahwa, Sayuran Pare memiliki senyawa Sulfornylurea yang biasanya ditemukan di dalam obat-obatan pereda Diabetes. Selain itu, kandungan Sterol glikosida di dalam Pare juga sangat cocok dijadikan sebagai obat penyakit Diabetes yang bahkan sudah dalam masa akut atau kronis.

3.  Mencegah Kanker
Zat Lesichin pada pare juga memiliki kemampuan untuk mencegah perkembangan virus, bakteri, parasit, dan mikroba-mikroba jahat lainnya pemicu kanker. Selain itu, senyawa Anti-Oksidan dan Anti-Inflamasi yang terdapat dalam Pare juga bekerja sangat aktif menghambat timbulnya wabah-wabah penyakit berbahaya dan memberikan perlindungan pada sistem antibodi dengan cukup baik.

4.  Sangat Baik untuk Mata 
Seorang spesialis kesehatan Nutrisi asal India Dr. Anshul JaiBharat BS.c berpendapat bahwa, Senyawa Beta Karoten dan Vitamin A pada Pare sangat efektif dalam menjaga kesehatan mata dan memperkuat fungsi penglihatan mata. Selain itu, Pare juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menangani masalah lingkaran hitam sekitar mata atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mata Panda.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar