Teh dan Kopi membuat Gigi Kuning menurut pakar Dentist

Minuman seperti teh dan kopi akan terasa lebih nikmat jika diminum di waktu pagi hari, sore hari atau waktu-waktu senggang. Sejatinya, baik teh maupun kopi keduanya memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh seseorang. Para ahli kesehatan, gizi, nutrisi, dan dentist (pakar gigi) menganjurkan untuk mengonsumsi Teh atau Kopi setidaknya 1-2 cangkir di pagi hari.


Meminum Kopi di pagi hari terbukti dapat menurunan risiko penyakit Kanker Liver, Kanker payudara, Insulin atau Estrogen, Kanker prostat dan penyakit Obesitas. Sedangkan dengan meminum Teh di pagi hari, Antioksidan yang terkandung di dalamnya (Teh) dapat bekerja secara aktif mempromosikan aliran sehat darah dan oksigen ke otak Anda, sehingga dapat menenangkan sel-sel saraf dan otot. Di samping itu, banyak dari orang awam yang mempertanyakan tentang benarkah teh dan kopi bisa membuat gigi kuning? dan bagaimana pendapat para pakar medis, klinis dan dentist mengenai anggapan-anggapan semacam ini.

Namun sayangnya, kebanyakan dari orang yang belum memahami mengenai jumlah, kadar dan waktu anjuran yang diberlakukan oleh para ahli mengenai meminum teh dan kopi dalam 1 hari. Padahal, pengonsumsian Teh dan Kopi dalam jumlah berlebih justru akan membahayakan kesehatan kita, seperti masalah pada Gigi dan Gusi.

Benarkah Teh dan Kopi bisa membuat Gigi menjadi berwarna Kuning

Meminum Teh dan Kopi dalam jumlah berlebih terbukti akan berdampak terhadap berubahnya warna permukaan Gigi kita menjadi kekuning-kuningan (kuning jagung).

Seorang pakar kesehatan Gigi Drg. Natalia Ekaputri Hutting, SKG meng-iyakan bahwasanya konsumsi teh dan kopi secara berlebihan akan memberi dampak yang tidak baik bagi gigi kita, dia berujar :

“Kandungan Tanin dalam kedua minuman ini (teh dan kopi) bisa mengubah warna lapisan terluar gigi atau Enamel gigi. Begitu juga dengan minuman lain yang berwarna seperti : minuman bersoda, wine, atau sirup,” ujarnya.

"Noda-noda yang terkandung di dalam cairan berwarna alami maupun non-alami dari minuman-minuman seperti teh, kopi, wine dan sirup akan lebih mudah membentuk plak kuning dan karang gigi, kerena memang permukaan gigi memiliki tekstur dan pori-pori yang agak kasar," lanjutnya.

Meskipun begitu, “Sebenarnya, kebiasaan minum kopi atau teh tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan gigi dan gusi. Namun, bila bisa dikurangi akan lebih baik. Yang lebih berisiko adalah bila kita mengabaikan perawatan kesehatan gigi dan mulut, seperti menyikat gigi,” pungkasnya.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar