AIR LIUR Bisa Menyembuhkan Luka menurut pakar Fisioterapist

Air liur merupakan keluaran berupa air (cairan) yang berasal dari Kelenjar Lidah yang diproduksi di dalam mulut. Sebenarnya, Air liur atau Saliva (dalam istilah kedokteran) ini difungsikan untuk memberi kelembaban rongga mulut agar selalu basah dan tidak kering. Namun, beberapa belakangan ini banyak orang yang membahas mengenai air ludah ini sebagai bahan penyembuh luka. Di samping itu, banyak dari orang awam yang mempertanyakan tentang apakah benar AIR LIUR bisa menyembuhkan luka? dan bagaimana pendapat para pakar medis, klinis dan fisioterapis mengenai anggapan-anggapan semacam ini.


Hal inilah yang mendorong banyak dari para peneliti, ahli dan pakar berlomba-lomba mencermati serta mempelajari mengenai air ludah ini. Dan hasilnya adalah hampir seluruhnya peneliti sepakat bahwa air liur memiliki zan dan kandungan senyawa yang bisa menyembuhkan dan menghilangkan luka secara cepat.

The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology menemukan temuan bahwa kandungan Histatin pada air liur yang dimana sebelumnya hanya dipercaya sebagai pembunuh bakteri, juga bertanggung jawab atas proses penyembuhan luka. Disamping itu, zat yang ada pada air liur tersebut juga memiliki potensi seperti sebagai krim Antibiotik dan Alkohol gosok.

Dr. Vincent Torres, DO berujar “Sebuah senyawa dalam air liur manusia dapat meingkatkan proses penyembuhan luka dan pembentukan pembuluh darah. Penelitian ini menemukan bahwa efek Histatin Peptida pada Angiogenesis atau proses pembentukan dalam darah sangat penting untuk efisiensi penyembuhan luka,”.

Dr. Vincent Torres, DO tersebut juga memiliki harapan tinggi dengan ditemukannya penemuan ini untuk lebih memahami unsur-unsur biologis dan proses penyembuhan luka itu sendiri.

Apakah benar Air Liur bisa Menyembuhkan Luka

Yang perlu kalian garis bawahi disini adalah, anggapan air liur bisa dijadikan sebagai penyembuh dan penghilang luka itu semata-mata hanya berdasarkan dari beberapa zat dan kandungan senyawa-nya saja.

Kandungan seperti Histatin pada air liur memang terbilang merupakan zat “langka” yang terbukti secara ilmiah dapat dengan cepat dan efektif menyembuhkan luka. Saat ini para ahli dan pakar medis masih berupaya menyempurnakan formula Histatin dari air liur ini sebagai bahan penyembuh luka.

Tapi perlu dipahami disini, jangan hanya berhenti berasumsi pada topik “Air liur dapat menyembuhkan luka” saja, tapi perluas lagi dengan apa saja kandungannya dari air liur yang dapat menyembuhkan luka? Apa itu zat Histatin? Apa itu Epidermal Growth Factor (EGF) dan Nerve Growth Factor (NGF)? Apa Dampaknya dari penggunaan dari air liur? Dan juga termasuk bagaimana anjuran penggunannya (air liur untuk luka). 

Karena jika orang awam “Salah Kaprah” menangkap persepsi tersebut, mungkin akan ada orang yang menyimpan air ludah di botol dan dijadikan obat penyembuh luka yang sewaktu-waktu bisa dipakai. Jika hal ini terjadi pastinya akan sangat menjijikan, dan juga akan menjadi penangkapan Edukasi yang kurang lurus (kurang benar) pada seseorang.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar