4 Tips Membuat MIE INSTAN Sehat Dan Aman Dikonsumsi

Mie instan adalah mie tepung yang dikeraskan menggunakan lapisan keras yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu - bumbu yang sudah ada dalam paketnya.


Memang betul bahwa mengonsumsi mie instan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita, namun tidak berarti bahwa mie instan tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Faktanya, Badan POM (BPOM) dan ahli kesehatan sendiri tidak begitu melarang mengenai konsumsi mie instant ini. Namun perlu digaris bawahi disini, bahwasanya mie instan hanya dianjurkan sebagai makanan bantu sementara (selingan) dan tidak boleh dikonsumsi dalam takaran yang berlebihan secara terus-menerus, karena dalam jangka panjang akan berakibat sangat buruk bagi kesehatan tubuh. Hal itu disebabkan karena adanya bahaya dari kandungan zat-zat yang terdapat didalam bumbu-bumbu dan campuran pembuatan lainnya. Jadi bagi kalian yang sudah terlanjur “Kecanduan” terhadap mie instan, ada baiknya kamu mulai mengatur selingan antara makan mie instan dan menahan untuk makan mie instan.

Penelitian lain juga dilakukan oleh Dr. Braden Kuo M.Gz, yang mana seorang ahli kesehatan pencernaan dari Massachusetts General Hospital di Boston menyebutkan bahwa, Mie instan ramen lebih mudah dipecah oleh usus dibanding dengan mi ramen yang dibuat sendiri alias mie instan yang dijualkan secara konvensional kebanyakan.

Berdasarkan penelitian yang dilansir dalam Journal Food Research International tahun 2008 ditemukan bahwa, Hakikatnya ‘pemakaian lilin’ di dalam langkah-langkah pembuatan mi instan itu hampir sangat sedikit. Bahkan bahan dari lilinnya pun tidak menggunakan bahan yang sembarang dan dapat dipastikan aman untuk dikonsumsi. Meskipun begitu, tetap saja perlunya kewaspadaan dan ke hati-hatian dalam mengolah mie instant ini. Olahlah mie instant dengan cara yang dianjurkan sesuai yang tertera di bungkus mie serta juga dianjurkan untuk menambahkan sayur-sayuran supaya lebih bergizi dan lebih menyehatkan.

Dengan pernyataan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa “Para ahli gizi dan kesehatan menyatakan bahwa mie instant tidak terlalu berdampak buruk bagi kesehatan tubuh”, Namun memang perlu adanya selingan (jeda) waktu dalam mengonsumsinya.

Selain selingan (jeda) waktu mengkonsumsinya, bagaimana cara memasaknya juga perlu diperhatikan karena hal itu juga sangat mempengaruhi terhadap kesehatan makanan (mie instant) tersebut. 

Sudah banyak pakar kesehatan dan studi kesehatan yang menyarankan untuk memasak mie instant dengan cara baik dan benar agar mie instant yang kita konsumsi menjadi mie instan sehat yang aman untuk dikonsumsi (baik bagi orang dewasa maupun bagi anak-anak).

Adapun beberapa tips dan cara bagaimana kamu membuat mie instan sehat yang aman untuk dikonsumsi namun tetap lezat dan enak, adalah sebagai berikut :

4 Tips Membuat MIE INSTAN Yang Sehat dan Aman Dikonsumsi

1.  Kurangi penggunaan bumbu-bumbu mie
Besarnya kadar MSG, gula, garam dan zat makanan pada bumbu mie instant terbilang sangat tidak wajar dan sangat berlebihan, sehingga berpotensi menimbulkan masalah-masalah kesehatan bagi tubuh khusunya bagi penderita gangguan kelenjar tubuh seperti contoh : penderita kelenjar getah bening, gondongan, dan lain sejenisnya. Oleh karena beberapa para ahli menyarankan untuk mengurangi bumbu mie instant tersebut setidaknya sepertiga (1/3) atau separonya (1/2). Dengan mengurangi bumbu-bumbu mie instant maka secara langsung akan mengurangi kadar MSG, garam, gula dan zat-zat yang mana memang berpotensi menimbulkan masalah-masalah kesehatan tubuh jika tidak diatur secara baik pengonsumsiannya.

Perlu kamu pahami dulu, bahwasanya MSG, garam dan gula merupakan zat makanan alami yang sebenarnya baik-baik saja jika dikonsumsi dalam jumlah dan kadar yang masih terbilang wajar. Namun jika dikonsumsi dengan kadar yang tinggi maka bukannya enak yang didapat tapi malah "Penyakit" yang didapat. Hal ini merupakan point penting dalam membuat mie instan sehat dan aman dikonsumsi bagi siapapun (termasuk anak-anak).

2.  Jangan menggunakan air bekas masak mie
Salah satu cara yang efektif dalam membuat mie instan sehat dan aman dikonsumsi adalah dengan membuang air hasil rebusan mie. Setiap mie instant memiliki kandungan “Zat Perisai Mie” yang berguna melindungi tepung mie dalam hal pengawetan. Oleh karena itu, saat kamu memasak mie rebus maka jangan menggunakan air dari bekas rebusan mie tersebut, sebaiknya gunakanlah air rebusan baru yang bersih (tidak tercampur bekas mie) atau air hangat yang sudah matang.

Halaman berikutnya...
1 2 FULL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar